facebook

Rayakan HAN 2021 di Masa Pandemi, Ini 5 Kegiatan Bermakna yang bisa Dilakukan di Rumah

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Rayakan HAN 2021 di Masa Pandemi, Ini 5 Kegiatan Bermakna yang bisa Dilakukan di Rumah
Kegiatan yang bisa dilakukan di rumah: anak menggambar. (Shutterstock)

HAN 2021 jadi momen yang tepat untuk orangtua menciptakan waktu berharga bersama anak di rumah.

Suara.com - Hari Anak Nasional atau HAN 2021 ini kembali dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Meski begitu, masih ada berbagai kegiatan yang bisa kita lakukan untuk membuat hari spesial ini tetap bermakna.

Salah satunya adalah dengan menjadikan HAN sebagai momen yang tepat untuk orangtua menciptakan waktu berharga bersama anak di rumah, sekaligus mengajarkan anak untuk selalu bersyukur dan peduli terhadap sesama.

Nah, untuk menciptakan suasana gembira namun tetap memberikan wawasan dan menimbulkan keinginan belajar bagi anak-anak, simak yuk kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak untuk merayakan HAN di rumah.

1. Bercerita atau mendongeng
Dongeng atau cerita rakyat kerap diceritakan kepada anak-anak pada zamannya, namun saat ini sepertinya dongeng dan cerita rakyat mulai pudar dari kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 30 Ucapan Bermakna Untuk Berikan Selamat di Hari Anak Nasional 2021

Anda dapat mengenalkan kembali dongeng dan cerita rakyat ini kepada anak-anak, mengingat dongeng dan cerita rakyat dipenuhi pesan-pesan moral yang bagus untuk anak-anak.

Selain itu, orangtua juga dapat mendorong anak-anak untuk membaca buku cerita dan dongeng sendiri, lalu berikan pertanyaan kepada mereka apa yang yang mereka tangkap dari cerita tersebut.

2. Belajar sambil bermain
Ketika orangtua bermain bersama anak, hal tersebut akan membantu anak-anak untuk mengembangkan keahlian mereka. Mulai dari perkembangan motoriknya, kemampuan sosial dan emosional sampai dengan kemampuan dasar aritmatika.

Di masa pandemi, Anda bisa menghabiskan waktu bersama anak, sambil memperkuat bonding antara orangtua dan anak. Hal ini penting karena ketika anak bermain dengan orangtuanya, mereka memiliki perasaan aman yang tidak dirasakan saat bermain dengan orang lain. Pembelajaran yang ingin orangtua sampaikan ke anak juga dapat diterima dengan baik, karena bermain juga bentuk komunikasi untuk anak.

3. Bernyanyi bersama
Kegiatan bernyanyi bersama yang dilakukan anak kan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anak. Professor Graham Welch dari University of London mengungkapkan manfaat dari bernyanyi untuk anak, di antaranya adalah untuk membangun kepercayaan diri, meningkatkan harga diri, selalu melibatkan emosi, mendorong inklusi sosial, mendukung pengembangan keterampilan sosial, dan memungkinkan anak dari berbagai usia dan kemampuan untuk bersama-sama berhasil menciptakan sesuatu yang istimewa dalam seni.

Baca Juga: Pesan Kemenkes dan Kemendikbudristek di HAN 2021: Lindungi Anak Selama Pandemi

Aktivitas ini juga dapat membantu untuk mempererat bonding, serta menjaga atau bahkan memperbaiki suasana hati.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar