alexametrics

3 Ciri Tanaman Aglonema Sedang Stres dan Tips Ampuh untuk Menangkalnya

Rima Sekarani Imamun Nissa
3 Ciri Tanaman Aglonema Sedang Stres dan Tips Ampuh untuk Menangkalnya
Aneka tanaman aglonema. (Pexels/Tiia Pakk)

Apa saja ciri tanaman aglonema sedang stres? Setelah mengetahuinya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Suara.com - Setiap makhluk hidup di dunia ini pasti memiliki respons yang ditunjukkan ketika sedang merasa stres. Saat manusia stres, ia akan cenderung lebih emosi. Pada kucing yang stres, bulunya akan rontok dan kurang aktif. Sama halnya dengan aglonema, tanaman yang banyak dipelihara karena memiliki sisi estetika yang tinggi ini juga dapat menunjukkan respons alamiah ketika sedang stres.

Tanda yang paling umum ditemui ketika aglonema sedang stres adalah kerusakan pada bagian daun. Tentunya hal ini dapat mengurangi sisi estetika yang dimiliki oleh tanaman hias tersebut.

Berikut adalah ulasan tentang beberapa ciri tanaman aglonema sedang stres, lengkap dengan tips menangkalnya. Mari simak!

Ciri-ciri Aglonema Stres

Baca Juga: Gampang Dicari, Daftar 5 Tanaman Hias untuk Dekorasi dan Tak Perlu Banyak Sinar Matahari

Tanaman hias jenis aglonema. (Pixabay/PENEBAR)
Tanaman hias jenis aglonema. (Pixabay/PENEBAR)

Pada dasarnya, tanaman hias aglonema dikenal memiliki daya tahan yang kuat dan mudah beradaptasi. Meski begitu, tetap saja itu bukanlah jaminan bahwa tanaman ini tidak dapat stres. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang terlihat saat aglonema stres.

1. Kemunculan daun lebih lambat

Ciri pertama aglonema yang Anda miliki sedang stres adalah kemunculan daun yang lebih lambat. Hal ini terjadi akibat tidak meratanya pembagian nutrisi pada tanaman sehingga akan berdampak terhadap pertumbuhan daun. Hasilnya, pertumbuhan daun akan menjadi lebih lama dibandingkan dengan biasanya.

2. Daun berubah menjadi warna kuning

Ciri yang kedua adalah terjadinya perubahan warna pada daun. Ini merupakan ciri paling umum dan sering ditemui pada tanaman aglonema yang sedang stres.

Baca Juga: Mampukah Tanaman Hias Menyaring Racun di Udara? Ini Jawabannya

3. Perbedaan ukuran daun