alexametrics

Cara Menanam Mahkota Daun Nanas, Lengkap dengan Tips Perawatannya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Cara Menanam Mahkota Daun Nanas, Lengkap dengan Tips Perawatannya
Ilustrasi nanas.[Unslash/Denisse Leon on Unsplash]

Ingin punya kebun nanas di rumah? Berikut cara menanam mahkota daun nanas.

Suara.com - Mahkota daun nanas bisa ditanam. Itu bisa jadi bibit kalau Anda ingin punya tanaman nanas di rumah.

Caranya gampang banget, beli buah nanas utuh yang masih punya mahkota di pasar atau swalayan. Jangan dipotong sembarangan sebab mahkota inilah yang bisa ditanam, seperti tunas pisang yang bisa ditanam lagi dan berbuah. 

Agar bisa menanam buah nanas, pilih nanas segar dengan mahkota yang tidak cacat. Berikut cara menanam mahkota buah nanas, dilansir dari Gardening Know How. 

Cara memotong mahkota daun nanas

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Nanas Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Ilustrasi nanas. (Shutterstock)

Sebelum ditanam, Anda harus tahu dulu cara menanam mahkota daun nanas dari cara memotong mahkotanya dari buahnya. Sebenarnya, cara ini gampang, tapi jika terjadi kesalahan bisa merusak rencana Anda.

Cara memotong mahkota daun nanas adalah di bagian bawah batang. Jangan mepet leher batang mahkota nanas. Jangan mengambil terlalu banyak buah nanas. Setelah itu, biarkan bagian buah yang ikut terpotong mengering lebih dulu. Biasanya ini memakan waktu sekitar seminggu. 

Menanam mahkota daun nanas

Setelah seminggu, Anda bisa memilih lahan. Kalau lahan yang Anda punya sangat kecil, cobalah untuk membeli media tanam di dalam pot. Disarankan untuk menggunakan campuran tanah ringan dengan perlit dan pasir. 

Setelah itu, tempelkan bagian batang nanas ke dalam tanah. Tutupi dengan tanah sampai ke bagian pangkal daunnya. Kalau sudah, siram secara menyeluruh lalu letakkan di tempat di tempat yang terkena sinar matahari cukup. 

Baca Juga: Mahasiswa PMM 90 UMM Ajak Pemuda Babadan Kediri Ubah Kulit Nanas Jadi Pupuk

Jaga agar tanah tidak terlalu lembab

Komentar