alexametrics

Bandingkan Memasak dengan Air Fryer dan Oven, Ternyata Ini Perbedaan Hasilnya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Hiromi Kyuna
Bandingkan Memasak dengan Air Fryer dan Oven, Ternyata Ini Perbedaan Hasilnya
Ilustrasi oven listrik. (Shutterstock)

Siapa sangka memasak dengan air fryer dan oven akan membuat hasil yang cukup berbeda.

Suara.com - Air fryer jadi salah satu alat dapur yang tengah naik daun. Alat ini banyak digemari lantaran mampu menggoreng makanan meski tanpa minyak.

Air fryer juga memiliki kemampuan memanggang seperti oven. Lantas, apakah hasil makanan yang dipanggang dengan oven dan air fryer memiliki perbedaan?

Seorang konten kreator yang antusias di teknologi pangan menjawab rasa penasaran ini. Hal tersebut ia bagikan melalui akun TikTok @ilmumakanan.

Menurut pria ini, prinsip kerja air fryer dan oven hampir mirip. Udara yang ada di bagian dalam alat akan dipanaskan dengan suhu yang tinggi dan sirkulasi udara yang cepat.

Baca Juga: Awas! Ini 4 Risiko Menggoreng dengan Minyak Jelantah bagi Kesehatan

Pria ini kemudian memanggang karage di oven serta air fryer. Keduanya menggunakan suhu dan waktu yang sama yaitu 200 derjat Celcius selama 10 menit.

Perbedaan hasil masakan menggunakan air fryer dan oven (TikTok @ilmumakanan)
Perbedaan hasil masakan menggunakan air fryer dan oven (TikTok @ilmumakanan)

Setelah karage di dua alat itu matang, ia mengeluarkan dan mulai membandingkannya. Saat dilihat sekilas, dua karage itu tak tampak berbeda, namun setelah dicermati lebih lanjut barulah nampak perbedaannya.

Karage yang dimasak dengan air fryer panasnya lebih merata dan renyah di semua sisi. Sedangkan yang dimasak menggunakan oven hasilnya kurang rata dan hanya renyah di bagian tertentu.

Meski demikian, dua karage itu memiliki rasa yang sama. Dari sini, pria tersebut menyimpulkan bahwa kelebihan air fryer adalah lebih cepat panas dan juga lebih merata,

Video terkait kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

Baca Juga: Diklaim Lebih Sehat dari Menggoreng, Air Fryer Tetap Bisa Picu Kanker?

"Ternyata emang mirip-mirip ya hasilnya. Kayaknya punya salah satu dari itu aja udah cukup ya berarti," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Yang pakai airfryer lebih renyah karena merata ke semuanya. Jadi makin enak kalau menurutku," ujar warganet ini.

"Wah, menarik. Nggak pernah kepikiran buat bandingin, tapi akhirnya jadi tahu. Makasih, Bang," tulis warganet ini di kolom komentar.

Sementara itu, hanya dalam hitungan jam, unggahan ini sudah ditonton lebih dari 20 ribu kali di TikTok.

Untuk melihat video selengkapnya, silakan klik di sini!

Komentar