alexametrics

H&M Kolaborasi dengan Desainer India, Tuai Komentar Julid di Media Sosial

Rima Sekarani Imamun Nissa | Nur Khotimah
H&M Kolaborasi dengan Desainer India, Tuai Komentar Julid di Media Sosial
Kolaborasi H&M X Sabyasachi. (www2.hm.com)

Kenapa hasil kolaborasi H&M dengan desainer India tuai komentar julid?

Suara.com - Merek pakaian global, H&M (HM), meluncurkan koleksi terbaru hasil kolaborasi dengan desainer India bernama Sabyasachi Mukherjee. Sayangnya, kolaborasi mereka justru menuai komentar julid.

Sabyasachi sendiri merupakan desainer terkenal yang telah menyokong kostum untuk berbagai film ternama, termasuk "Guzaarish", "Raavan", dan "English Vinglish".

Selama ini Sabyasachi sering merancang pakaian mewah India, mulai dari lehengas (pakaian dua potong yang terdiri dari rok dan atasan bernama choli) hingga saree.

Melansir The Independent, koleksi Sabyasachi X H&M menawarkan produk lengkap untuk pria dan wanita. Termasuk di antaranya pakaian, aksesoris, alas kaki, serta kacamata.

Baca Juga: Ubah Lakban Jadi Gaun Menawan, Remaja Ini Raih Beasiswa Ratusan Juta

Koleksi bernama "Wanderlust" itu mengusung pola bunga dan warna mint yang mewakili etnis India. Koleksi ini juga dibuat menggunakan bahan pakaian yang kaya tekstur.

Salah satu koleksi kolaborasi H&M X Sabyasachi. (www2.hm.com)
Salah satu koleksi kolaborasi H&M X Sabyasachi. (www2.hm.com)

Namun kolaborasi ini menuai komentar yang kurang menyenangkan di media sosial. Beberapa warganet menganggap koleksi Sabyasachi X H&M terlalu biasa dan harganya mahal.

"Kolaborasi H&M Sabyasachi sangat memalukan, mode street mahal untuk pakaian yang bahkan tidak akan aku pakai untuk tidur," kata warganet mengkritik.

"Koleksi Sabyasachi X H&M seperti 'bagaimana kalau kita ambil sprei dari Bombay Dyeing dan mendesainnya secara longgar agar menyerupai saree," tutur yang lain.

"Sabyasachi x H&M bahkan tidak terlihat bagus. Sejujurnya itu mirip barang yang saya bahkan enggan membelinya di Sarojini (pasar di Delhi) seharga Rp29 ribu," imbuh lainnya sinis.

Baca Juga: Tak Melulu Tampil Awet Muda, Foto Vera Wang saat Ultah ke-72 Ini Kejutkan Warganet

Salah satu koleksi kolaborasi H&M X Sabyasachi. (www2.hm.com)
Salah satu koleksi kolaborasi H&M X Sabyasachi. (www2.hm.com)

"Koleksi H&M x Sabyasachi mungkin adalah hal terjelek yang pernah saya lihat," komentar yang lain lagi.

"Sabyasachi x H&M sangat memalukan. Tidak mungkin membutuhkan Rp1 juta untuk terlihat seperti sopir bus," ujar warganet.

Sabyasachi Mukherjee sendiri sudah meminta maaf atas polemik hasil kolaborasinya dengan H&M. Dia berjanji akan membuat karya yang lebih baik di masa depan.

"Saya tahu banyak orang kecewa dan saya sangat minta maaf untuk itu. Saya yakin akan mampu menciptakan mode bisnis masa depan yang akan menjawab kebutuhan ini," kata Sabyasachi melansir The Economic Times, Senin (16/8/2021).

Terlepas dari ejekan di media sosial, koleksi Sabyasachi x H&M dilaporkan terjual habis dalam waktu singkat. Koleksi ini tersedia di India, Britania Raya, dan beberapa toko internasional H&M.

Komentar