Bisa Makan Hati, Ini 6 Tanda Teman Toksik

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Bisa Makan Hati, Ini 6 Tanda Teman Toksik
Ilustrasi Teman (Pexels/Liza Summer)

Berikut ini ciri-ciri teman toksik yang harus Anda jauhi.

Suara.com - Dalam dunia pertemanan tidak orang akan menyukai Anda. Bahkan ada saja kasus benalu berkedok teman yang datang dan hanya memanfaatkan kebaikan Anda.

Meski penting membangun hubungan pertemanan dan solidaritas, namun ada baiknya untuk menjauhi teman-teman toksik. Dikutip Suara.com dari Times of India, berikut ini ciri-ciri teman toksik yang harus Anda jauhi.

1. Teman yang manfaatin
Jenis teman seperti ini memang ada di kehidupan nyata. Mereka akan membuat rencana agar tujuan yang mereka buat bisa tercapai. Mulai dari mengundang ke pesta ulang tahun, meningkatkan status sosial, bahkan memanfaatkan kebaikan Anda. Jika sudah terpenuhi tujuannya, saat Anda butuh bantuan, mereka akan hilang dan tidak peduli.

2. Membuang energi
Hampir sama dengan memanfaatkan keadaan, jenis teman yang satu ini justru membuat Anda harus meninggalkan segalanya. Bahkan meninggalkan urusan yang paling penting selain memenuhi kemauan mereka. Cara untuk menghindari jenis teman yang satu ini, Anda perlu tegas dan memberikan batasan. Karena kalau tidak, Anda sama saja membuang energi untuk mereka.

Baca Juga: Bunda Corla Beri Nasihat Soal Pertemanan: Kalau Beneran Teman Akan Tutupi Semua Aib

Ilustrasi teman bertengkar (pexels.com/Liza Summer)
Ilustrasi teman (pexels.com/Liza Summer)

3. Teman yang punya aura negatif
Teman yang satu ini tidak pernah puas dengan apa yang mereka miliki. Akibatnya, mereka selalu mengeluh dan merengek betapa tidak adilnya dunia mereka. Selain itu, jenis teman yang satu ini memang punya aura negatif, di mana mereka selalu berpendapat negatif kepada semua hal. Mereka juga tidak pernah memuji Anda jika Anda melakukan sesuatu yang positif.

4. Ratu drama
Orang yang punya sifat drama queen ini memang umumnya ada pada perempuan. Apapun yang mereka rasakan terlalu drama yang bisa menjadi masalah besar bagi Anda yang berteman dengan mereka. Apapun kesalahan dan permasalahannya, mereka akan selalu berlindung dengan drama yang mereka buat. Hati-hati ya!

Ilustrasi teman sedang berdebat. (pexels.com/Liza Summer)
Ilustrasi teman. (pexels.com/Liza Summer)

5. Tukang kritik
Kritik yang membangun dan bisa mengembangkan motivasi seseorang tentu tidak ada salahnya. Tapi berbeda jika kritik tersebut malah menjatuhkan Anda. Yang perlu diingat adalah, teman sejati justru tidak akan memberikan kritik yang menjatuhkan Anda.

6. Tukang gosip dan julid
Jika Anda menemukan teman yang hobi gosip dan julid, Anda perlu hati-hati dengan mereka. Kemungkinan besar mereka akan menjadikan Anda sebagai bahan gosip mereka, jika Anda tidak rutin berkumpul dengan mereka. Demi menjaga kesehatan mental, ada baiknya segera jauhi teman yang satu ini.

Baca Juga: 5 Karakter Ini Harus Ada dalam Lingkaran Pertemananmu, Sudah Punya?