alexametrics

5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Bangun Tidur, Kerap Bikin Gak Mood Aktivitas

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Bangun Tidur, Kerap Bikin Gak Mood Aktivitas
Ilustrasi Bangun Tidur. (freepik)

Berikut lima kesalahan umum saat bangun tidur di pagi hari, apa saja?

Suara.com - Semua orang ingin tampak sehat dan bahagia ketika bangun tidur di pagi hari. Namun, kebiasaan pagi yang tidak sehat justru bisa berdampak stres dan kurang produktif. Dilansir dari Healtshots, berikut lima kesalahan umum saat bangun tidur di pagi hari, apa saja?

Tidur berlebihan
Walaupun tidur bisa menenangkan tubuh dan pikiran, namun jika dilakukan secara berlebihan saat pagi hari bisa mengalami berbagai risiko penyakit. Mulai dari diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Lewat sebuah penelitian yang terbit di jurnal PLOS One, orang yang tidur lebih dari 10 jam dapat menyebabkan indeks massa tubuh lebih tinggi, dibanding orang yang tidur antara 7-8 jam.

Tidak makan makanan yang tepat saat sarapan
Ketika Anda sedang melakukan diet, Anda tidak boleh sepenuhnya mengurangi karbohidrat dan lemak, karena kandungan ini sangat penting untuk Anda. Dalam mempertahankan berat badan yang optimal, cobalah konsumsi roti, pancake, oatmeal, atau biji-bijian. Atau makanan lain yang bisa Anda makan yakni selai kacang dan juga kuning telur. Selain itu, baiknya hindari makanan olahan dan kemasan saat sarapan pagi.

Baca Juga: 5 Manfaat Tidur Telentang bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi bangun tidur. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi bangun tidur. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Menghindari sinar matahari pagi
Menghindari sinar matahari pagi dengan ruangan tertutup tirai, dapat menghilangkan manfaat dari cahaya matahari. Bahkan, studi yang terbit di PLOS One menemukan, gelombang cahaya biru dari matahari pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuh, serta membantu tubuh untuk bangun dari tidur.

Fakta lain juga diungkap dari studi International Journal of Endocrinology, bahwa wanita dengan jumlah vitamin D yang cukup di tubuhnya dapat menurunkan berat badan, dibanding mereka yang kekurangan vitamin D.

Tidak minum air yang cukup
Saat bangun pagi hari dan tidak minum air yang cukup, dampaknya bisa terjadi dehidrasi, sehingga risikonya bisa menyebabkan penambahan berat badan. Hal ini diungkap oleh Ahli Gizi dr. Lovneet Batra, di mana ketika Anda mengalami dehidrasi, ada gangguan fungsi sinyal yang terjadi di otak.

Tentunya, dehidrasi dapat menghilangkan sinyal rasa haus yang mengirimkan sinyal lapar sebagai gantinya. Karena cenderung makan lebih banyak, pada akhirnya penambahan berat badan bisa saja terjadi. "Dehidrasi juga dapat menyebabkan konstipasi dan iritasi usus, yang berhubungan langsung dengan penambahan berat badan," ungkap Lovneet.

Melewatkan sarapan pagi
Melewatkan sarapan pagi bisa saja berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal, sarapan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh Anda, salah satunya mendorong tingkat energi dan mempercepat metabolisme Anda. Sementara itu, melewatkan sarapan pagi dapat memperlambat proses pembakaran lemak tubuh, sehingga Anda merasakan lesu sepanjang hari dan meningkatkan peluang kenaikan berat badan.

Baca Juga: Penting! 5 Manfaat Mandi Pagi Hari: Bikin Produktif Hingga Lebih Enerjik

Komentar