alexametrics

7 Penyebab Kucing Selalu Lapar, Mulai dari Cacingan hingga Depresi

Arendya Nariswari
7 Penyebab Kucing Selalu Lapar, Mulai dari Cacingan hingga Depresi
Ilustrasi kucing (Unsplash)

Cat lovers, simak 7 penyebab kucing selalu lapar berikut ini.

Suara.com - Apakah Anda punya kucing di rumah? Kalau iya, pernahkah mengamati kalau kucing sering lapar? Kucing yang selalu lapar sebenarnya ada penyebabnya. Berikut penyebab kucing selalu lapar dirangkum dari akun Instagram @dokterhewan. 

1. Cacingan

Anda harus waspada jika kucing sering minta makan. Sebab salah satu penyebab kucing selalu lapar adalah penyakit cacingan. Tak hanya pada manusia, cacingan juga bisa jadi penyebab kucing selalu lapar sebab cacing dalam tubuh kucing mengambil nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dimakan kucing.

Masalahnya nutrisi tersebut tidak tercerna oleh tubuhnya sehingga kucing Anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Ketika hal ini terjadi, otak kucing mengirim sinyal lapar lalu kucing pun menjadi agak berisik 
di rumah, mengeong dan sering minta makan. 

Baca Juga: Ingin Menghilangkan Perut Buncit? Hindari Makanan Olahan

2. Hyperthyroidism 

Kucing bisa mengalami hyperthyroidism yang terjadi pada manusia yaitu tidak pernah merasa kenyang alias merasa lapar terus menerus. Reaksi berlebihan yang terjadi pada hyperthyroidism membuat metabolisme tubuh kucing meningkat sehingga membakar lebih banyak kalori. Ketika hal itu terjadi, kucing jadi lebih mudah kelaparan

3. Diabetes 

Kucing juga bisa mengalami diabetes yang membuat tubuh kucing tidak bisa memproses gula menjadi energi. Inilah yang jadi penyebab kucing selalu lapar karena nutrisi dalam tubuh kucing tidak pernah terpenuhi.

Kucing selalu ingin makan, dan walaupun Anda sudah memberinya makanan tapi berat badannya tidak kunjung naik. Bila memperlihatkan tanda-tanda seperti itu, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan dan lakukan pemeriksaan secepatnya. 

Baca Juga: Seekor Kucing Hilang setelah 3 Bulan, Akhirnya Ketemu Pemiliknya Sejauh 183 KM

4. Bosan 

Penyebab kucing selalu lapar bisa berupa masalah psikologis seperti bosan. Saat merasa bosan, kucing akan cenderung mencari perhatian dan salah satunya adalah minta makanan.

Selain itu, faktor psikologis ini juga akan cenderung membuat otak memberikan sinyal yang salah pada tubuh kucing,  yakni rasa lapar seperti yang terjadi pada manusia. 

5. Kesepian

Pernahkah saat Anda merasa kesepian Anda memilih memakan sesuatu? cemilan atau apa saja yang membuat keadaan psikologis Anda menjadi lebih baik?

Ada beberapa orang yang mengalaminya, saat kesepian dia menjadi banyak makan atau selalu lapar. Alasan kucing selalu lapar juga sama. Kesepian bisa menjadi salah satu penyebab utama kucing ingin selalu makan, karena saat minta makanan Anda akan memperhatikannya. 

6. Depresi

Kucing yang kesepian dan tidak segera ditangani juga akan cenderung menjadi depresi. Kondisi psikologis ini juga bisa jadi penyebab utama kucing selalu lapar. Saat depresi, sebagian kucing mengalami nafsu makan yang cenderung meningkat. 

7. Makanan tidak mencukupi nutrisi kucing

Alasan kucing selalu lapar bisa jadi juga karena makanannya tidak mencukupi kebutuhan nutrisi kucing. Kucing bisa selalu kelaparan karena nutrisinya tidak tercukupi dan tandanya adalah si kucing sering minta makan. 

Sebagai solusi untuk mengurangi penyebab kucing selalu lapar sampai akhirnya dia bisa kembali makan dengan jadwal normal ialah:

  • Selalu melakukan kontak lembut dengan cara mengusap kucing.
  • Ajaklah bicara dengan lembut seperti sedang bicara dengan teman atau diri sendiri
  • Ajaklah kucin bermain dan berikan mainan interaktif untuk kucing
  • Hindari free feeding atau meninggalkan makanan secara bebas di wadah makan kucing
  • Diberikan makanan kucing yang berstandar dan memiliki reputasi yang bagus.
  • Pastikan makanan yang dipilih untuk kucing memiliki jumlah nutrisi dan protein yang seimbang sesuai dengan kebutuhan kucing. Bila tidak tahu, silahkan diskusi dengan dokter hewan. 

Demikian uraian singkat tentang penyebab kucing selalu lapar. Semoga dapat membantu merawat kucing di rumah. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Komentar