alexametrics

10 Jenis Tanaman Hias Daun Terpopuler yang Cocok Mempercantik Rumah

Rima Sekarani Imamun Nissa
10 Jenis Tanaman Hias Daun Terpopuler yang Cocok Mempercantik Rumah
Tanaman hias indoor (Pixabay/Grumpy Cow Studios).

Berikut beberapa jenis tanaman hias yang populer dan bisa dimanfaatkan untuk mempercantik rumah.

Suara.com - Tanaman hias bersifat adaptif karena bisa ditanam di dalam atau di luar rumah. Menambahkan beberapa jenis tanaman hias menjadi cara cerdas untuk memberi sentuhan cerdas pada warna, tekstur, dan keindahan di rumah.

Kini telah banyak pilihan dedaunan tanaman hias yang menarik dan memiliki keunikan masing-masing.

Berikut ini adalah 10 jenis tanaman hias daun terpopuler yang telah dirangkum dari The Spruce, Florgeous, dan Hunker, Rabu (15/9/2021).

Jenis Tanaman Hias Dedaunan Terpopuler

Baca Juga: Resep Ayam Betutu, Masakan khas Bali yang Kaya Rasa

Tanaman hias keladi. (Pexels/Madison Inouye)
Tanaman hias keladi. (Pexels/Madison Inouye)

1. Keladi

Keladi atau Caladium juga disebut "Angel Wings" sangat unik jika diletakkan di taman. Keladi memiliki ciri daun besar berbentuk panah yang terdiri dari kombinasi warna mencolok hijau, merah, merah muda, dan putih. Keladi menjadi tanaman hias yang sama menyenangkan menghiasi taman rumah.

Saat ini banyak jenis keladi yang dicari seperti Caladium Carolyn Whorton, Caladium Gingerland, Caladium Moonlight, Caladium Freida Hemple, dan lainnya.

2. Pothos

Memiliki daun yang besar, indah, dan mencolok adalah ciri khas tanaman hias dedaunan Pothos (Epipremnum auteum). Pothos memiliki dedaunan memukau yang mudah dirawat.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Hias Palem Areca

Bentuk dedauanannya mengalir seperti air terjun yang memercik dari keranjang gantung. Siramlah Pothos secukupnya di lokasi yang terang cahaya matahari.

3. Telinga Gajah (Colocasia esculenta)

Ukuran tanaman telinga gajah yang mengesankan menambah warna pada taman di rumah. Tanaman hias dedauan ini senang ditanam sebagian terendam air. Telinga gajah tumbuh dengan cepat dan besar.

4. Rex Begonia (Begonia rex-cultorum)

Seperti tanaman hias dedauan yang fantastis, Rex Begonia adalah jenis tanaman tropis yang mudah dirawat. Ciri khas dedaunan Rex Begonia dapat berputar, berbintik, tebal, mengacak-acak, atau bersayap. Banyak orang yang menyukai tanaman hias yang lebih mudah ditanam di dalam pot ini.

Infografis tanaman hias. (Suara.com/Rochmat)
Infografis tanaman hias. (Suara.com/Rochmat)

5. Snake Plant atau Lidah Mertua

Tanaman hias dedauan ini dikenal dengan nama Dracaena trifasciata atau lidah mertua. Tanaman tangguh ini bisa menghilangkan racun yang ada di rumah atau kebun rumahmu. Sebagian orang menempatkan lidah mertua di dalam rumah atau di luar rumah karena banyak manfaat kesehatan.

6. Daun Mint

Semua orang mengetahui daun mint, namun tidak semua orang menyadari betapa mudahnya menanam tanaman satu ini di rumah! Daun mint bisa mudah tumbuh di taman rumah dan menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik yang bisa kamu tanam.

7. Daun Kemangi

Tanaman hias ini adalah ramuan harum yang akan menambah cita rasa istimewa pada hidangan apapun yang kamu masak. Hal hebat lain dari kemangi adalah sangat mudah untuk ditanam.

Tak perlu banyak perawatan untuk daun kemangi. Kamu hanya memastikan daun kemangi ditanam sebelum atau selama musim panas. Kamu bisa menanam kemangi ungu, kemangi manis, hingga kemangi lemon!

8. Plectranthus

Tanaman lebat ini tumbuh bebas dan menyukai tanah lembap. Daunnya tebal dan teksturnya agak kabur dengan tepi berkerut dan corak keputihan yang beragam. Memotong Plectranthus secara berkala akan membuatnya tetap penuh dan subur.

Varietas terbaru, "Mona Lavender" plectranthus memiliki tangkai bunga lavender tinggi yang menjadikannya jenis tanaman hias dedaunan yang populer.

9. Canna Indica

Memiliki daun besar seperti daun pisang yang berwarna hijau, merah, kuning, dan oranye yang bersinar. Daun bergaris ini tanpa dihiasi bunga yang mencolok.

Pecinta tanaman hias bahkan lebih berfokus pada pertumbuhan daun dan lebih membuang tangkai bunganya. Kamu bisa menanam canna indica di dalam pot dan meletakkannya di pinggir kolam air.

10.   Silver Mist 'Kabut Perak'

Sesekali kamu bisa merawat rumput hias kabut perak sebagai tanaman hias untuk sesuatu yang berbeda dan magis. Silver mist mondo grass (Ophiopogon) memiliki dedaunan halus dalam nuansa hijau dan perak.

Tumbuh di dalam wadah, rumput hias ini tumbuh setinggi 10 inchi. Letakkan tanaman di tempat yang cerah dan sinar matahari tidak langsung dan siram sesekali hanya ketika tanahnya kering.

Itulah beberapa jenis tanaman hias dedaunan terpopuler yang bisa jadikan pilihan untuk menghias rumah kamu.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar