alexametrics

Sekilas Mirip, Simak 5 Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia Berikut Ini

Arendya Nariswari
Sekilas Mirip, Simak 5 Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia Berikut Ini

Cat lovers sering bingung, yuk intip 5 perbedaan kucing anggora dan kucing persia berikut.

Suara.com - Kucing Persia dan Kucing Anggora menjadi dua jenis kucing yang kerap dipilih sebagai hewan peliharaan. Meski sama-sama cantik, kedua anabul ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora ini membuat keduanya memerlukan perawatannya masing-masing.

Sebelum memilih keduanya untuk dipelihara, ada baiknya kita cari tahu 5 perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia berikut.

Asal

Baca Juga: Viral Video Kucing BAB di Kamar Mandi Bikin Heran, Warganet: Kok Pada Pinter Sih

Seperti namanya, Kucing Persia berasal dari Persia atau kini disebut sebagai Iran. Kucing ini sangat populer di kalangan bangsawan Eropa sejak tahun 1600-an.

Sementara  itu, Kucing Anggora berasal dari wilayah Turki tepatnya kota Ankara dan menjadi salah satu kucing ras tertua di dunia.

Karakter Fisik

Salah satu perbedaan yang terlihat pada kucing angora dan kucing Persia adalah bentuk wajahnya. Kucing Persia memilki wajah yang pendek, rata, dan hidung yang pendek pula. Sementara Kucing Anggora memiliki hidung yang lebih mancung dengan bentuk kepala yang khas.

Mata Kucing Persia berbentuk besar dan bundar dengan letak yang berjauhan. Sementara telinganya rendah dan dekat dengan kepala.

Baca Juga: Ditonton 25 Juta Kali, Viral Kucing BAB di Kloset Kamar Mandi: Didikan Siapa Dulu Nih?

Mata kucing anggora berbentuk seperti almond dan sedikit miring ke atas. Letak telinganya berdekatan. Salah satu ciri khas Kucing Anggora adalah matanya yang terkadang bebeda.

Ukuran tubuh Kucing Persia dan Kucing Anggora juga berbeda, Kucing Anggora memiliki tubuh lebih ramping dengan buku ekor panjang, sementara Kucing Persia memiliki bentuk tubuh sedikit berotot dengan kaki pendek dan ekor tebal.

Tingkah laku

Selama ini, Kucing Anggora dikenal dengan sifat dan tingkah lakunya yang ramah dan penuh kasih sayang. Ras kucing ini juga dikenal sangat aktif berlari, memiliki naluri berburu, mandiri, dan cerdas. Anggora juga menyukai tempat tinggi yang memungkinkannya untuk memanjat.

Sementara itu, Kucing Persia cenderung lebih manis, lembut, dan menyukai ketengangan. Persia juga tidak suka melompat dan lebih suka melakukan aktivitas secukupnya saja.

Bulu kucing dan perawatan

Salah satu hal yang membedakan dari tiap jenis kucing adalah bulunya. Kucing Persia sendiri memiliki bulu lebat dan panjang yang tersusun dari dua lapisan.

Untuk merawat bulu supaya tidak kusut, kamu bisa menyisirnya setiap hari. Selain itu, mandikan kucing secara rutin.

Sementara itu, Kucing ANggora tidak memiliki bulu sepanjang Kucing Persia. Namun bulu mereka cenderung lebih halus dan jarang kusut. Oleh karena itu, kamu bisa menyisirnya cukup sekali atau dua kali dalam seminggu

Masalah kesehatan

Baik Kucing Persia atau Anggora, keduanya memiliki resiko gangguan jantung atau kardiomiopati hipertofik, di mana otot jantung mengalami penebalan.

Keduanya juga rentan terkena penyakit mata, terutama Kucing Persia karena matanya yang besar dan menonjol membuatnya rentan terkena iritasi. Hidungnya yang pendek dan rata juga mengakibatkan masalah pernapasan

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar