alexametrics

Cara Menanam Lidah Buaya yang Tepat, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

Arendya Nariswari
Cara Menanam Lidah Buaya yang Tepat, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini
Lidah buaya (Pixabay/marcegaral)

Tak sulit dilakukan, simak cara menanam lidah buaya dengan langkah tepat di bawah ini.

Suara.com - Lidah buaya (Aloe barbadendis) telah ditanam sejak ribuan tahun lalu. Tanaman hias sekaligus tanaman obat ini salah satu yang paling banyak digunakan. Jika kamu berminat menanam tanaman lidah buaya di rumah, itu menjadi pilihan tepat karena mudah dilakukan. Simaklah cara menanam lidah buaya yang tepat seperti dirangkum dari Gardening Know How dan Good House Keeping, Minggu (19/9/2021).

Cara Menanam Lidah Buaya

1. Tumbuh di Tanah yang Kering

Langkah pertama dalam perawatan tanaman lidah buaya ini memahami bahwa aloe vera adalah tanaman sukulen. Seperti halnya kaktus, sukulen tumbuh paling baik di kondisi kering. 

Baca Juga: 7 Manfaat Lidah Buaya, Atasi Rambut Berminyak dan Rontok

Saat menanam lidah buaya, tanamlah dalam campuran tanah pada pot kaktus atau tanah pot biasa. Dalam pot aloe vera diisi tanah dan pasir dengan perbandingan sama. Pastikan pot lidah buaya memiliki banyak lubang drainase. Perlu dipahami, tanaman hias ini tidak dapat menolerir genangan air. 

2. Memerlukan Cahaya Terang

Satu hal penting selanjutnya dalam cara menanam lidah buaya adalah mereka memerlukan cahaya yang tepat. Tanaman lidah buaya membutuhkan cahaya terang.

Jika kekurangan cahaya, lidah buaya akan berhenti tumbuh. 
Lidah buaya tumbuh paling baik di jendela menghadap sinar matahari, namun tidak terpapar matahari langsung. Tempatkan secara bertahap di tempat yang lebih terang setiap beberapa hari untuk mencegah paparan berlebih.

3. Penyiraman yang Jarang

Baca Juga: Wow! Lagi Jadi Primadona, Tanaman Hias dari Tawangmangu Ini Harganya Rp 3 Juta Per Daun

Aspek penting selanjutnya dari cara menanam tanaman lidah buaya adalah menyirami tanaman dengan benar. Tanah dalam pot lidah buaya harus dibiarkan benar-benar kering sebelum disiram. Saat tanah disiram harus benar-benar basah kuyup, namun air harus dibiarkan mengalir keluar dari tanah.

Alasan lidah buaya mati pada umumnya karena terlalu sering disiram atau tidak membiarkan airnya mengalir. Tanaman spesies gurun ini jika kondisi tanahnya lembap akan menyebabkan busuk akar. Perlu diingat jangan melakukan kesalahan ini saat merawat tanaman hias lidah buaya.

4. Pemupukan

Kamu bisa menambahkan pupuk dalam rutinitas perawatan tanaman lidah buaya. Gunakan pupuk berbasis air yang mengandung banyak fosfor. Gunakan secukupnya, jika daun lemas atau coklat, artinya kamu terlalu berlebihan menggunakan H20.

Manfaat Menanam Lidah Buaya

Cara menanam lidah buaya tidak hanya mudah jika dilakukan dengan tepat. Tanaman hias sekaligus obat ini akan memberikan manfaat luar biasa untuk kamu dan keluarga. Menurut Mayo Clinic, gel bening lidah buaya akan mempersingkat penyembuhan luka bakar tingkat pertama dan kedua. Sehingga bermanfaat mengobati luka bakar ringan, dan ruam.

Mengoleskan gel lidah buaya juga akan membantu menurangi jerawat dan kemerahan. Gel lidah buaya juga bisa dijadikan kondisioner rambut untuk merawat kesehatan rambut, Kamu tidak disarankan menelan gel lidah buaya berlebihan karena bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Itulah beberapa hal penting dalam cara menanam lidah buaya beserta manfaatnya sebagai tanaman hias sekaligus obat yang bagus untuk kulit dan rambut. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar