alexametrics

Bisa Disontek, Ini Tips Bikin Konten dan Atur Feed Instagram Agar Menarik

Risna Halidi
Bisa Disontek, Ini Tips Bikin Konten dan Atur Feed Instagram Agar Menarik
Ilustrasi Instagram. [Shutterstock]

Sebagai media sosial populer, Instagram tak lagi menjadi wadah untuk membagikan momen personal tetapi juga memamerkan karya hingga sumber penghasilan.

Suara.com - Sebagai media sosial populer, Instagram tak lagi menjadi wadah untuk membagikan momen personal tetapi juga memamerkan karya hingga sumber penghasilan.

Untuk itu penting memiliki dan mengatur agar feed Intagram menarik dan diminati oleh pengguna yang lain.

Itu juga yang dilakukan oleh konten kreator sekaligus fotografer Tino Renato. Lelaki dengan nama akun Instagram @tinorenato itu kini telah memiliki 130 ribu pengikut dan memulai petualangannya di Instagram sejak 2011 lalu.

Dirinya telah berkolaborasi dengan brand ternama seperti Canon Asia, Sony Asia, Singapore Airlines, Disney, Asus, Aqua, Samsung, Mcdonalds, Microsoft, Air Asia, Dior, Toyota dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Bandingkan Media Sosial dengan Mobil, Bos Instagram Tuai Kritik

Ilustrasi Instagram. [USA-Reiseblogger/Pixabay]
Ilustrasi Instagram. [USA-Reiseblogger/Pixabay]

Dikutip dari siaran tertulis, berikut adalah tips membuat konten Instagram menarik ala influencer @tinorenato.

1. Jadi diri sendiri
Bermula jadi diri sendiri dan bagikan hal-hal yang disukai. Tino Renato menyebut konten akan lebih mudah dibuat saat kita menyukai dan memahami hal tersebut.

2. Jangan takut
Jakut takut salah atau selalu merasa takut hasil konten yang buruk. "Jangan takut hasilnya akan jelek atau tidak disukai orang karena di situ letak prosesnya, bagus dan jelek akan selalu relatif jangan ragu untuk menunjukkan keunikan masing-masing, like dan followers adalah reward, bukan tujuan utama," kata Tino.

3. Konsisten buat konten
Pastikan untuk selalu konsisten membuat konten yang baik. Buat konten yang terkonsep agar mudah dipahami dan juga enak dipandang. Gunakan bantuan aplikasi seperti UNUM, Planoly, dan VSCO draft agar membantu memudahkan mengatur feed Instagram.

Ilustrasi Instagram. [Shutterstock]
Ilustrasi Instagram. [Shutterstock]

Tino juga sangata mneyarankan membuat konten sendiri tanpa mengambil karya dan milik orang lain. Konten sendiri akan lebih diapresiasi dibandingkan konten plagiat.

Baca Juga: Pengamat: Medsos Jadi Penentu Konstelasi Politik 2024

"Selalu edit foto atau videomu. Orang bakal melihat dari sisi skema 9 photo grid dan konsisten dengan warna itu. Feed sangat berpengaruh, ketika feed rapi, dengan warna skema yang menarik secara tidak langsung orang bakal tertarik untuk follow. Jadi jangan asal upload sembarangan."

4. Gunakan kata-kata yang menarik
Lengkapi konten dengan kata-kata yang menarik. Tino menyarankan untuk menggunakan quote yang dapat menyentuh hati pembaca.

"Atau bagikan cerita real life kamu, kadang orang-orang suka banget ngeliat kehidupan kita tanpa di-filter. Maksudnya konten lagi moto, behind the scene, lagi makan di mana, terus ketemu siapa, ketawa dan lucu-lucuan," ungkap Tino.

5. Bangun engagement
Bangun engagement dalam bermedia sosial dengan menggunakan hastag atau tanda pagar (tadar). Jangan ragu juga untuk me-like, memberikan komentar, save, dan share konten orang lain untuk menciptakan engagement.

Komentar