alexametrics

4 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan Lewat Media Sosial

Vania Rossa
4 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan Lewat Media Sosial
Ilustrasi media sosial untuk mendapat penghasilan tambahan. (unsplash/@dole777)

Ketika teknologi sudah sangat berkembang pesat, mendapatkan penghasilan tambahan lewat media sosial bukanlah hal yang sulit.

Suara.com - Tak sedikit orang yang mencari penghasilan tambahan di tengah pandemi ini. Dan kabar baiknya, di masa sekarang ketika teknologi sudah sangat berkembang pesat, mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara yang halal bukanlah hal yang sulit.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial, terutama Instagram. Kenapa Instagram?

Menurut DataReportal (2021), Instagram merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, dimana 86,6%
dari masyarakat Indonesia usia 16-64 menggunakan Instagram.

Selain itu, menurut perusahaan riset pemasaran Ipsos (2018), 81% pengguna Instagram menggunakannya untuk mempelajari lebih
lanjut tentang brand atau usaha yang mereka sukai. Selanjutnya, 76% dari pengguna Instagram akan membeli dari sebuah brand setelah menemukannya di Instagram, baik brand lokal maupun internasional. 

Baca Juga: Kena Tipu Google Maps, Mobil Terjebak di Turunan hingga Bikin Warga Turun Tangan

Penasaran apa saja yang bisa Anda lakukan di Instagram untuk mendapat penghasilan tambahan? Informasi dari Allianz Indonesia di bawah ini menarik untuk disimak.

Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada nasabah dan juga masyarakat umum, Allianz Indonesia menggelar serangkaian kegiatan bertemakan Cintai Keluarga & Cintai Bumi selama bulan September dan Oktober. Pada kesempatan kali ini, Allianz mengadakan webinar dengan tema “Memaksimalkan Sosial Media untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Kala Pandemi”.

Tujuan webinar ini adalah mengajak nasabah serta masyarakat untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial, sebagai salah satu strategi mengembangkan bisnis di masa pandemi, dimana hampir seluruh kegiatan dilakukan secara online.

Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, Allianz Indonesia tidak hanya memberikan apresiasi pada nasabah dan masyarakat, namun juga memberikan informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan terkait strategi bisnis melalui media sosial.

“Di masa yang penuh tantangan seperti saat ini, Allianz Indonesia ingin berbagi pengetahuan mengenai pemanfaatan media sosial yang dapat menjadi kegiatan produktif. Meskipun aktivitas fisik atau offline terbatas untuk dilakukan, pegiat usaha tetap perlu berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai inisiatif salah satunya melalui media sosial.”

Baca Juga: Tanpa Disadari Kebiasaan Sehari-hari Ini Justru Bikin Rasa Cemas Memburuk!

Dengan berbagai inisiatif berbasis digital yang gencar dilakukan di masa pandemi, penggunaan media sosial, khususnya Instagram, sebagai salah satu platform untuk mendukung bisnis telah menjadi sebuah pilihan yang paling banyak diminati.

Dikatakan Karina, Allianz Indonesia sendiri turut memaksimalkan media sosial untuk senantiasa memberikan informasi dan edukasi menarik bagi nasabah. Selain itu, melalui kampanye-kampanye di media sosial, Allianz Indonesia turut mengimplementasikan strategi user-generated content dengan penggunaan twibbon, serta mengajak nasabah untuk berpartisipasi dalam beragam kegiatan, termasuk kegiatan peduli sesama dan lingkungan melalui media sosial.

Dalam webinar yang berlangsung beberapa waktu lalu, Allianz Indonesia mengundang salah satu influencer yang aktif membuat konten kreatif di media sosial, yaitu Asoka Remadja.

Asoka merupakan seorang travel blogger dan plant enthusiast. Kali ini, ia akan akan berbagi beragam tips sebagai seorang pelaku bisnis di Instagram. Bisa ditiru sebagai inspirasi.

1. Mulailah dari hobi
Asoka bercerita bahwa ia memulai perjalanannya dari sebuah hobi, yaitu ia menemukan peluang dan bagaimana memaksimalkan penggunaan media sosial untuk mengembangkan bisnis yang dimilikinya.

“Jika memulai sesuatu dari hobi atau hal yang disukai, maka kita akan mengerjakannya dengan semangat dan hati yang senang," katanya.

Jadi, sebelum Anda mencari-cari bisnis apa yang sedang tren atau yang ingin ditekuni, cobalah mulai dengan hobi Anda. Apakah Anda hobi memasak, menggambar, menulis, atau apapun, semua bisa jadi peluang untuk menghasilkan pendapatan.

2. Tambah ilmu pengetahuan
Asoka juga mengatakan, ketika peluang datang menghampiri, Anda harus memaksimalkan pengetahuan yang dimiliki.

Contoh mudahnya, jika Anda suka memasak dan ingin menjadikan hobi ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan, maka perkayalah kemampuan Anda dengan resep-resep makanan kekinian.

Pengetahuan terus berkembang, dan agar tak kalah dengan para pesaing, tentu kita wajib mengikuti tren yang ada.

3. Manfaatkan channel yang paling sesuai
Ketika Anda sudah menemukan apa yang menjadi hobi Anda, dan memutuskan untuk 'menjual' hobi tersebut, langkah selanjutnya adalah menemukan channel media sosial yang paling sesuai untuk memasarkan dan mempromosikan usaha Anda.

Misal, buat yang hobi masak, Instgaram bisa jadi media sosial yang cocok karena bisa menampilkan foto-foto hasil masakan, serta video tutorial memasak. Pastikan saja Anda memasang foto dan video terbaik untuk menggaet hati pelanggan.

4. Kenali taget pasar
Media sosial memang mampu menjangkau banyak sekali pengguna di berbagai segmen dan lokasi. Tapi, menurut Asoka, penting bagi para pegiat bisnis untuk mengenali target pasarnya.

Karena ini terkait pada bagaimana Anda akan menjalin engagement yang dapat meningkatkan performa bisnis. Misalnya, jika Anda menjual kue atau masakan matang, tentu target pasar Anda umumnya adalah ibu rumah tangga. Nah, pendekatan yang perlu dilakukan kepada ibu rumah tangga tentu akan berbeda dengan pendekatan terhadap anak remaja.

Dengan mengenali target pasar Anda, Anda jadi punya gambaran yang jelas mengenai strategi yang akan dilakukan untuk memaksimalkan usaha Anda.

Di luar tips di atas, masih banyak hal-hal lain yang bisa Anda eksplor seputar pemanfaatan media sosial. 

Salah satunya, Anda bisa mendapatkan informasi seputar keuangan dan asuransi lewat media sosial Instgram @allianzindonesia. Allianz Indonesia memaksimalkan penggunaan media sosial untuk terus menjalin engagement dengan nasabah serta masyarakat umum. Selain menyajikan berbagai konten edukasi dan literasi terkait keuangan, asuransi, dan juga kesehatan, Allianz Indonesia juga menginformasikan mengenai produk, layanan, dan campaign terbaru yang dapat dinikmati nasabah. Jadi, jangan sampai ketinggalan informasi, ya.

Komentar