alexametrics

Kata Chef Devina Hermawan Agar Anak Muda Gemari Kue Tradisional

Risna Halidi
Kata Chef Devina Hermawan Agar Anak Muda Gemari Kue Tradisional
Kue dan camilan

Hal itu bisa dilakukan dengan memodifikasi sajian tersebut tanpa menghilangkan bahan utama dan proses pembuatannya.

Suara.com - Agar tak lekang ditelan jaman dan tenggelam karena maraknya serbuan kue modern, kue tradisional Indonesia kini mulai tampil dengan citarasa dan bentuk kekinian. Tren ini mulai terlihat di kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta kalangan ibu-ibu milenial.

Mereka, kata Marketing Manager BOLA Deli Dwi Rahayu, semakin berani berkreasi menciptakan aneka jenis kue tradisional yang dibalut citarasa lidah konsumen masa kini.

"Waktu dulu kue tradisional dianggap tidak menarik bagi kaum muda karena tampilan dan rasa kurang kekinian, tidak tahan lama dan cara pembuatan ribet. Tapi sekarang rasa dan bentuk kue tradisonal tidak kalah menarik dengan kue modern," kata Dwi dikutip dari siaran tertulis, Senin (20/9/2021).

Ia melanjutkan, saat ini adalah momentum yang baik untuk mengembalikan animo pasar terhadap kue tradisional khususnya pasar anak muda.

Baca Juga: Jalanan Sepi karena Pandemi, Pedagang Lupis yang Menunggu Pelanggan Ini Bikin Haru

Di sisi lain, Chef Devina Hermawan mengatakan bahwa kreativitas masyarakat dalam mengolah jajanan tradisional bisa dilakukan dengan memodifikasi sajian tersebut tanpa menghilangkan bahan utama dan proses pembuatannya. Misalnya, kata Chef Davina, membuat klepon isi cokelat atau keju, gemblong yang dibalut green tea.

Bahkan kini juga banyak pelaku usaha kecil yang juga membawa hidangan tradisional ke dalam bentuk modern seperti kue ulang tahun ataupun dipadukan dengan kek modern.

"Membuat fusion Indonesian snack juga bisa membuka peluang bagi para pelaku UMKM untuk menyajikan sajian unik dengan tetap menonjolkan jajanan asli khas Indonesia."

"Dan untuk menghasilkan kue yang enak tentunya tidak terlepas dari peran bahan utama yang digunakan dan pastikan bahan-bahan tepungnya memiliki kualitas yang lembut, putih dan wangi alami supaya menghasilkan kue yang enaknya jadi beda," tandas Chef Devina.

Lebih jauh ahli kuliner Indonesia Chef Fatmah Bahalwan, sekaligus pendiri Natural Cooking Club (NCC) mengakui bahwa jajanan tradisional memang kerap dilupakan kaum muda karena dianggap ketinggalan jaman.

Namun saat ini dirinya optimis dengan kreativitas yang dapat menyulap hidangan tradisional menjadi lebih modern, maka tak hanya menarik secara visual namun juga membuat enaknya jadi beda.

Untuk memberikan inspirasi dalam menyajikan jajanan tradisional khas Indonesia dengan sentuhan kekinian, BOLA Deli banyak menciptakan inovasi-inovasi resep serta menjalin kolaborasi dengan chef-chef muda seperti Chef Devina Hermawan, Chef Putri Miranti, Chef Putri Habibie dan Chef Diana Cahya.

Baca Juga: Potret Sudut Rumah Mewah Chef Devina, Garasi Jadi Sorotan

Tak ketinggalan untuk mendongkrak popularitas di segment millennial turut dihadirkan Sarwendah sebagai sosok selebritis yang cukup piawai membuat kue-kue kekinian. "Untuk semakin mengukuhkan kualitas produknya, BOLA Deli juga menjadi produk tepung andalan Master Chef Indonesian season 8," tutup Dwi.

Komentar