alexametrics

Penjelasan Apa Itu Daun Bidara, Lengkap dengan Fakta Menarik dan 5 Manfaatnya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Penjelasan Apa Itu Daun Bidara, Lengkap dengan Fakta Menarik dan 5 Manfaatnya
Ilustrasi daun bidara. (Pixabay/Lemon Park)

Inilah beberapa fakta menarik seputar daun bidara.

Suara.com - Salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan tubuh manusia adalah daun bidara. Tanaman yang kerap kali dipandang sebelah mata ini faktanya dapat mengatasi beberapa jenis alergi dan menurunkan demam.

Apa itu daun bidara dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita? Berikut adalah ulasan tentang daun bidara beserta fakta menarik dan manfaatnya.

Daun Bidara dan Fakta Menariknya

Dari mana asal daun bidara? Daun bidara merupakan tanaman herbal yang tumbuh subur di berbagai belahan dunia seperti China, Afganistan, Malaysia dan Australia dan Indonesia.

Baca Juga: Khasiat Bawang Hitam Diklaim Bisa Jadi Obat Pasien Covid-19, Benarkah?

Ilustrasi daun bidara. (Pixabay/manseok Kim)
Ilustrasi daun bidara. (Pixabay/manseok Kim)

Apa itu daun bidara? Daun bidara adalah salah satu bagian pada tanaman bidara yang dimanfaatkan sebagai obat herbal. Manfaat daun bidara dipercaya baik untuk tubuh manusia.

Seluruh Bagian Tanaman Dapat menjadi Obat

Daun bidara memang menjadi bagian tanaman bidara yang paling populer di antara bagian-bagian lainnya. Faktanya, seluruh bagian pada tanaman bidara dapat digunakan sebagai obat herbal.

Setiap bagian pada tanaman bidara memiliki khasiat yang masing-masing akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Obat Tradisional

Baca Juga: Masih Diteliti, BPOM: Belum Ada Obat Herbal Anti COVID-19

Seperti yang diketahui, pemanfaatan bidara dalam bidang kesehatan sudah diterapkan oleh nenek moyang sejak dahulu kala, misalnya di India. Manfaat bidara sebagai obat tradisional dipakai para tabib India tepatnya pada Distrik Bastar, Chhattisgargh.

Bentuk Daun

Anda dapat mengindentifikasi daun bidara cukup dengan melihat bentuknya. Daun bidara memiliki bentuk daun yang sangat menyerupai daun jeruk.

Manfaat Tanaman Bidara

Contoh pemanfaatan tanaman bidara sebagai tanaman herbal bagi kesehatan manusia adalah sebagai berikut:

1. Mengontrol Kandungan Gula

Salah satu manfaat dari air olahan tanaman bidara ialah menurunkan kadar gula yang terdapat dalam darah. Sangat dianjurkan bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi secara rutin air rebusan bidara.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun bidara juga termasuk tanaman yang dipercaya ampuh menjaga kesehatan jantung. Pada tanaman bidara, terdapat sebuah sel yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Artinya, tanaman ini benar-benar memiliki manfaat baik bagi tubuh kita.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kerap kali kita sudah tidur dengan jam sesuai yang dianjurkan, namun tetap saja badan terasa belum fit ketika bangun tidur. Bisa jadi, hal tersebut disebabkan oleh kualitas tidur yang kurang baik.

Salah satu cara mengatasinya adalah mengonsumsi air rebusan bidara. Air ini dipercaya akan memberikan efek relaksasi pada tubuh dan membantu memperbaiki kualitas tidur.

Ilustrasi tidur tidak berkualitas (freepik/Jcomp)
Ilustrasi tidur tidak berkualitas (freepik/Jcomp)

4. Mengobati Masalah Pencernaan

Setiap bagian tanaman bidara memiliki khasiatnya masing-masing, salah satunya mengobati masalah pencernaan. Masalah yang paling umum muncul pada pencernaan adalah kembung, sakit perut dan sembelit. Nah, coba konsumsi beberapa olahan daun bidara seperti teh, air rebusan, atau memakan buahnya.

5. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Manfaat daun bidara selanjutnya ialah mencegah sekaligus mengobati jerawat. Caranya cukup mudah.

Anda hanya perlu menumbuk halus 5-6 lembar daun bidara, kemudian campurkan dengan sedikit air dan gunakan sebagai masker. Tunggu sampai 15 menit, kemudian bilas.

Itulah beberapa fakta menarik daun bidara beserta manfaatnya. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Komentar