alexametrics

Memperingati Hari Rabies Sedunia, Ada Vaksinasi Rabies Gratis untuk Anjing di Jakarta

Vania Rossa
Memperingati Hari Rabies Sedunia, Ada Vaksinasi Rabies Gratis  untuk Anjing di Jakarta
Ilustrasi anjing (Elements Envato)

Setiap harinya akan ada vaksinasi sebanyak 100 dosis yang akan disuntikkan kepada anjing peliharaan masyarakat.

Suara.com - World Rabies Day atau Hari Rabies Sedunia) merupakan sebuah kampanye global yang diselenggarakan pada tanggal 28 September setiap tahunnya. Peringatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan penyakit rabies.

Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia 2021, SmartHeart Indonesia bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Jakarta Barat mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pencegahan penyakit rabies melalui penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk anjing secara gratis.

“Penyakit rabies adalah salah satu penyakit strategis dunia yang bersifat zoonosis (menular dari hewan ke manusia) dengan tingkat kematian yang tinggi. Pengendalian penyakit rabies yang efektif adalah dengan cara pencegahan melalui vaksinasi rabies,” ujar drh. Aulia Jasmine selaku veterinarian PT Perfect Companion Indonesia.

Aulia juga menambahkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia belum bebas rabies. Salah satu provinsi yang memiliki status nol kasus rabies adalah DKI Jakarta, maka untuk mempertahankan status DKI Jakarta bebas rabies, SmartHeart Indonesia bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan vaksinasi rabies gratis untuk anjing kesayangan warga Jakarta.

Baca Juga: Cara Memandikan Anjing yang Benar

Kegiatan vaksinasi akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 25 September 2021 secara on the spot di Smart Park, Central Park, Jakarta, dan 28 September 2021 bertepatan dengan World Rabies Day, yang akan dilakukan secara drive thru di Lobby Laguna Central Park, Jakarta.

Setiap harinya akan ada vaksinasi sebanyak 100 dosis yang akan disuntikkan kepada anjing peliharaan masyarakat.

PT Perfect Companion Indonesia Gaby Fellycia selaku Brand Manager PT Perfect Companion Indonesia memastikan selama kegiatan vaksinasi berlangsung, SmartHeart Indonesia selaku penyelenggara memastikan setiap rangkaian acara sudah mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Kami mengadakan kegiatan vaksinasi gratis ini selama 2 hari, dimana setiap kegiatan yang berlangsung sudah sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, mulai dari proses pendaftaran online, proses penyuntikan akan dilakukan secara bergantian, dan akan ada vaksinasi secara drive thru untuk mencegah timbulnya kerumunan,” ujar Gaby dalam konferensi pers daring, Srnin (27/9/2021).

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Jakarta Barat, Bapak Iwan Indriyanto, STp, MSi berharap kegiatan vaksinasi rabies gratis tetap bisa dilakukan di tahun-tahun berikutnya, dalam rangka mencegah penyakit rabies di Indonesia.

Baca Juga: Sangat Mematikan, Ini 5 Tanda Klinik Anjing Penular Rabies

Selain adanya kegiatan vaksinasi gratis, SmartHeart Indonesia juga menyelenggarakan Eating Contest di mana anjing peliharaan peserta diikutsertakan untuk mengikuti lomba makan menggunakan produk SmartHeart.

Komentar