alexametrics

Viral di TikTok Tren Keramas Pakai kopi, Memang Apa Manfaatnya?

Bimo Aria Fundrika
Viral di TikTok Tren Keramas Pakai kopi, Memang Apa Manfaatnya?
Ilustrasi kopi bubuk. (Pixabay)

Kandungan kafein di dalam kopi selain bermanfaat meningkatkan energi tubuh, ternyata memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatan rambut lho.

Suara.com - Di masa pandemi ini banyak sekali orang yang mengakses TikTok sebagai hiburan, salah satunya untuk menghilangkan penat. Bahkan banyak yang menggunakan TikTok agar menjadi produktif membuat konten atau ide kreatif yang bermanfaat.

Nah kali ini ada tren baru di TikTok, berawal dari salah satu akun TikTok @sindi9rande yang mempublish video hari care routine dengan keramas memakai sampo dan bubuk kopi. Sontak video itu menarik perhatian pengguna TikTok. 

Pastinya kopi sudah menjadi dambaan bagi banyak orang. Kandungan kafein di dalam kopi selain bermanfaat meningkatkan energi tubuh, ternyata memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatan rambut lho. Mulai dari mengatasi rambut rontok, mempercepat pertumbuhan rambut hingga dapat dijadikan pewarna alami untuk rambut. 

Dalam penelitian Fischer, 2013 kafein dapat menyempurnakan proses pemanjangan rambut. Itulah yang membuat para pengguna TikTok tergiur mencoba keramas menggunakan bubuk kopi. Kira-kira manfaat apa saja yang di dapat ya? Yuk simak.

Baca Juga: Viral Bocah Rela Berjualan Kue Keliling, Alasan di Baliknya Bikin Mewek

1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Ilustrasi. (shutterstock)
Ilustrasi. (shutterstock)

Bagi kamu yang gelisah dengan rambut pendek dan ingin mempercepat pertumbuhan rambut? Kamu dapat menggunakan cara alternatif ini lho yaitu keramas dengan ampas kopi. Nah, kandungan kafein yang ada dalam ampas kopi dapat merangsang untuk pertumbuhan akar rambut. Cukup campurkan dan pijat ampas kopi di kulit kepala selama beberapa menit kemudian bilas. 

2. Mengatasi rambut rontok 

     Selanjutnya untuk mengatasi rambut rontok, cukup dengan keramas menggunakan ampas kopi dan sampo kemudian pijat beberapa menit, lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal, harus menggunalannya secara rutin ya misalnya seminggu 2x.

3. Pewarna alami rambut

Baca Juga: Viral Netizen Bongkar Tempat Emak-emak Pamer Simpanan, Ada yang Sampai 5 Simpanan

     Manfaat berikutnya untuk pewarna alami rambut. Bagi kamu yang tertarik untuk mewarnai rambut tapi tak mau menggunakan pewarna rambut kimia, bisa coba warnai bubuk kopi yang diseduh dan tunggu dingin, kemudian celupkan rambut ke dalam air kopi lalu diamkan selama 30 menit - 3 jam, jika sudah pas lalu bilas. Untuk hasil warna yang maksimal, kamu harus sabar dan membutuhkan bubuk kopi yang banyak.

Komentar