alexametrics

Mau Coba Diet Vegan? Perhatikan Dulu Langkah dan Manfaatnya!

Vania Rossa
Mau Coba Diet Vegan? Perhatikan Dulu Langkah dan Manfaatnya!
Ilustrasi diet vegan, konsumsi buah dan sayuran. (sumber: Visualphotos)

Diet vegan tapi tetap bisa makan enak, siapa yang tak mau?

Suara.com - Bagi kamu yang ingin diet untuk menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan tubuh, kamu bisa mencoba diet vegan.

Berbeda dengan vegetarian yang masih memperbolehkan konsumsi makanan yang mengandung daging ikan atau hewan laut, telur, maupun susu, diet vegan sama sekali tidak boleh mengonsumsi makanan yang berasal dari produk hewani yang disebutkan di atas. Bahkan, madu pun dipantang!

Jadi, pegiat diet vegan hanya boleh makan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian.

Tapi jangan khatir, meski kelihatannya banyak batasan, diet vegan sudah terbukti sangat menyegarkan. Selain itu, wawasanmu terhadap makanan akan menjadi jauh lebih terbuka, karena banyak sekali yang bisa kamu lakukan dengan makanan yang berasal dari tumbuhan ini.

Baca Juga: Studi: Obesitas dan Pola Makan Bisa Pengaruhi Kerontokan Rambut

Dan jangan salah, sekali mencoba, kamu pasti akan langsung merasakan manfaat dari diet vegan ini. Mau tahu apa saja? Ini dia, mengutip dari laman Ann’s Bakehouse & Creamery.

1. Penurunan risiko penyakit jantung
Sebuah studi telah menunjukkan bahwa mereka yang menjalani diet vegan mengalami penurunan dalam kadar kolesterol LDL dan kolesterol total, dan juga memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang menjalankan diet vegetarian.

Hal ini dikarenakan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan akan meningkatkan kadar antioksidan, asam folat, dan juga zat-zat fitokimia di dalam tubuh yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mampu mencegah kanker
Sayur-mayur dan buah-buahan mengandung banyak senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Seperti yang disebutkan di atas, selain dapat menurunkan risiko penyakit jantung, fitokimia yang berada di makanan diet vegan telah terbukti dapat mencegah kanker juga!

Fitokimia bersifat sebagai antioksidan dan mampu melakukan aktivitas antiproliferasi. Zat fitokimia ini dapat menghambat beberapa sel yang terlibat dalam pembentukan kanker.

Baca Juga: Baim Wong Pamer Tubuh Berotot: Bye Bye Endut

3. Membantu mengontrol kadar gula
Dalam sebuah penelitian lain, diketahui bahwa jika kamu mengikuti diet vegan, kamu dapat mengurangi kemungkinan terjadinya diabetes tipe 2. Kok bisa?

Komentar