facebook

6 Cara Positif Mengatasi Kesepian

Vania Rossa
6 Cara Positif Mengatasi Kesepian
Ilustrasi kesepian. (Shutterstock)

Kesepian bukan akhir dari segalanya, coba lakukan hal berikut untuk mengatasinya.

Suara.com - Semua orang pasti pernah merasa kesepian dalam hidupnya. Tapi, kesepian bukanlah nasib buruk yang harus ditangisi, karena ada cara untuk menikmati kesepian agar hidupmu tetap damai.

Perasaan kesepian adalah hal yang normal dialami setiap orang. Namun kadang, perasaan kesepian bisa memunculkan emosi negatif. Oleh karena itu, kamu harus mengelola perasaan ini sebaik mungkin agar pikiran negatif tidak terlintas dalam benak.

Lalu, apa yang bisa dilakukan saat seseorang merasa kesepian? Bagi sebagian orang, kesepian dapat diatasi dengan melakukan hal yang positif, seperti menanam tumbuhan, memasak, meditasi, merajut, atau berolahraga.

Bagaimana denganmu? Coba lakukan 6 cara berikut yang dapat membantumu mengatasi kesepian, seperti dilansir dari The Minds Journal.

Baca Juga: Sering Merasa Kesepian Selama Pandemi, Begini Cara Mengatasinya

1. Mengakui bahwa kamu kesepian
Ini artinya, terima kenyataan bahwa kesepian adalah emosi normal yang dirasakan oleh semua orang. Semakin pandai mengontrol dan menyadari perasaan terisolasi, semakin baik untuk menghadapi konsekuensinya. Tetap bersabar dan ambil langkah yang tepat untuk meredakan emosi tersebut menjadi energi positif.

2. Cari bantuan profesional
Kesepian mungkin memiliki efek bagi kesehatan mental, dan itu akan mempengaruhi kemampuan dalam hidup sehari-hari. Inilah sebabnya dibutuhkan bantuan profesional dalam menangani kesepian agar tidak menghancurkan kesehatan mental.

3. Berlatih mencintai diri sendiri
Kesendirian sebenarnya bisa digunakan untuk mencintai diri sendiri. Ketika berlatih untuk mencintai diri, maka kamu akan menemukan suatu kegiatan yang membuat bahagia tanpa bergantung pada orang lain. Oleh karena itu, nikmatilah waktu kesepian untuk melakukan hal-hal yang positif, yang sangat berguna untuk kesehatan mentalmu. Tetap waspada terhadap pikiran yang dapat merusak diri sendiri, batasi dengan cukup istirahat untuk melakukan hal-hal yang disukai, seperti jalan-jalan, berburu makanan favorit, atau dipijat.

4. Bangun kebiasaan sehat
Ketika sedang kesepian, keraguan diri dan pikiran yang tidak sehat dapat dengan mudah terlintas di benak kamu. Inilah sebabnya mengapa penting mengikuti rutinitas yang tertata, membangun ritual yang bermanfaat dan mengembangkan kebiasaan sehat. Mulailah dengan hal kecil seperti bangun pagi, memasak menu sarapan, menyelesaikan tugas, menyelesaikan komitmen, merawat diri, dan lain sebagainya. Hal tersebut akan membantu dalam mengelola pikiran negatif yang mengganggu.

5. Gunakan waktu senggang dengan bijak
Nah, saat kesepian inilah harus digunakan untuk mengembangkan diri, mengistirahatkan pikiran, tubuh, dan jiwa. Dengan begitu, kamu akan sungguh merasakan manfaat dari waktu sendiri ini. Daripada buang-buang waktu untuk bermalas-malasan, bacalah buku, belajar keterampilan baru, lakukan aktivitas kreatif, berolahraga, memasak, mendengarkan musik atau meditasi. Itu akan membuat tubuh dan pikiran lebih tenang dan damai.

Baca Juga: Lansia yang Kesepian saat Sakit Lebih Berisiko Cacat dan Meninggal

6. Lakukan kegiatan volunteer
Memanfaatkan kesepian dengan mengikuti kegiatan sukarelawan tidak hanya membantu bertemu orang baru tetapi juga dapat membantu menemukan tujuan baru dalam hidup. Mengikuti kegiatan tersebut dapat mengurangi kesepian bahkan meningkatkan kebahagiaan dan merasa bersyukur atas hidup yang kamu miliki. (Elisa Naomi)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar