alexametrics

7 Isian Baso Aci yang Bikin Ngiler, Mulai dari Cuanki hingga Sukro Cikur

Arendya Nariswari
7 Isian Baso Aci yang Bikin Ngiler, Mulai dari Cuanki hingga Sukro Cikur
Baso Aci Ena (Instagram/basoaciena)

Cuanki, bakso, sukro cikur dan masih banyak lagi lainnya, mana isian baso aci yang jadi favorit kalian?

Suara.com - Baso aci merupakan jajanan kekinian khas Jawa Barat yang memiliki cita rasa pedas dan bikin ketagihan. Baso aci memiliki berbagai macam isiian. Nah, berikut ini isian baso aci yang selalu menggoda untuk dicicipi.

Baso aci biasanya berisi batagor kering atau cuanki. Selain isian tersebut, baso aci juga memiliki beragam isian lainnya yang pastinya menggugah selera. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa isian baso aci yang bikin ngiler.

1. Telur

Ilustrasi telur rebus (Shutterstock).
Ilustrasi telur rebus (Shutterstock).

Baso aci biasanya berisi telur untuk pelengkapnya. Telur sendiri adalah salah satu bahan pelengkap masakan yang dapat diolah dengan berbagai cara. Untuk tambahan baso aci, kamu bisa menggunakan telur rebus kocok atau telur rebus utuh ke dalamnya.

Baca Juga: Sebut Bakso Pentol Harga Segini Termurah di Kalimantan, Warganet: Di Sini Dapat Semangkuk!

2. Dumpling ayam

Dumpling ayam  juga salah satu isian yang sering ditambahkan pada baso aci. Untuk mendapatkan dumpling ayam, bisa dengan membuat sendiri di rumah atau bisa juga membeli yang instan di supermarket, minimarket, atau pasar.

3. Bakso daging

Ilustrasi daging bakso [Shutterstock]
Ilustrasi daging bakso [Shutterstock]

Selain telur dan dumpling ayam, bakso daging bisa menjadi bahan tambahan di dalam baso aci. Dengan ada bakso daging, akan membuat cita rasa baso aci jadi lebih nikmat dan tentunya bikin nagih.

4. Fish ball

Baca Juga: Dibuka Kembali Hari Ini, Segel di Gerai Bakso Sony Dicopot

Ada juga tambahan baso aci lainnya yang akan membuat cita rasa baso aci jadi makin lezat dan nikmat. Adapun bahan tambahan tersebut yaitu fish ball. Untuk menjadi bahan tambahan baso aci, kamu bisa memotongnya beberapa bagian atau bisa juga menambahkannya dalam bentuk utuh.

5. Ceker

Ceker Ayam Saus Tiram (Instagram Food Blogger Sukmawati RS)
Ceker Ayam Saus Tiram (Instagram Food Blogger Sukmawati RS)


Biasanya, baso aci juga pakai bahan tambahan ceker. Ceker akan membuat cita rasa baso aci jadi makin enak. Terlebih lagi jika cekernya dimasakan sampai benar-benar matang dan empuk, sehingga tak kesusahan saat memakaannya.

6. Cuanki siomay kering

Baso aci juga dikenal dengan isian cuanki siomay kering. Untuk membuat cuanki3 kering, cukup menggunakan adonan aci yang dibungkus kulit pangsit kemudian digoreng hingga renyah. Cuankie goreng juga dikenal juga dengan batagor 

7. Sukro cikur

Bahan isian lainnya yang bisa ditambahkan pada baso aci yaitu Sukro cikur. Bahkan, sukro cikur ini bisa dibilang salah satu bahan utama atau ciri khas dalam sajian baso aci yang bercita rasa lezat dan nikmat.

Demikianlah informasi mengenai isian baso aci yang menarik untuk diketahui dan dicicipi. Bagi yang ingin mencoba baso aci, bisa membelinya di luar atau membuat sendiri di rumah.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar