alexametrics

5 Manfaat Madu untuk Wajah, Andalan Perawatan Kulit ala Rumahan

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Manfaat Madu untuk Wajah, Andalan Perawatan Kulit ala Rumahan
Ilustrasi madu. (Pixabay/ExplorerBob)

Apa saja manfaat madu untuk wajah? Apakah juga bisa membantu mengatasi jerawat?

Suara.com - Kita tahu ada beberapa bahan natural perawatan kulit yang tersembunyi, termasuk minyak kelapa, minyak zaitun, dan lainnya. Jadi fakta manfaat madu untuk wajah seharusnya tidak mengejutkan. 

DIlansir dari Pure Wow, Jumat (15/10/2021), ketahui beberapa manfaat dari mengoleskan madu di wajah yang akan membuat siapapun menyukai madu sebagai basic skincare sehari-hari.

Manfaat Madu untuk Wajah Sehat

Pembersih harian yang sempurna

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Mungkin sudah waktunya untuk memanfaatkan madu sebagai pembersih harian. Antioksidan, antiseptik, dan sifat antibakteri dalam madu menjadikan bahan ini efektif untuk memerangi jerawat. Madu bakal membantu membuka pori-pori dan menyingkirkan komedo membandel sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari.

Ilustrasi madu jenis comb honey. (Elements Envato)
Ilustrasi madu jenis comb honey. (Elements Envato)

Basahi wajah dengan air, gunakan sekitar 1/2 sendok teh madu dan pijat ke wajah dengan gerakan melingkar. Untuk hasil optimal, gunakan pembersih rumahan ini selama 30 detik sebelum membilasnya dan melanjutkan rutinitas perawatan kulit.

Eksfoliator alami

Say goodbye pada kulit yang teriritasi dan gatal dengan menggunakan masker wajah madu untuk melakukan eksfoliasi kulit secara lembut. Kamu juga dapat menggabungkan pengobatan lain (alpukat, lemon atau cuka sari apel) sebagai rutinitas skincare.

Untuk mencobanya sendiri, mulailah dengan membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan apapun bahan campuran yang dipilih. Oleskan madu pada kulit tipis-tipis dan biarkan selama 8- 10 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan wajah. Gunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil sempurna.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah Cepat dalam Waktu 3 Hari

Sangat bagus untuk mengobati jerawat

Madu sangat baik untuk memerangi jerawat. Manfaat anti-inflamasi membantu menghilangkan minyak berlebih dari permukaan. Jika diterapkan setiap hari, itu akan menyeimbangkan bakteri di kulit.

Gunakan sebagai perawatan spot untuk menenangkan jerawat yang membandel, dan bahkan untuk meredakan kondisi kulit autoimun seperti eksim atau psoriasis. Sifat penyembuhan dalam madu membantu kulit memperbaiki kerusakan lebih cepat.

Ilustrasi madu dan lemon. (Shutterstock)
Ilustrasi madu dan lemon. (Shutterstock)

Pelembap yang menghidrasi

Jika kamu termasuk orang yang rentan terhadap kulit kering atau gatal, mengoleskan madu dapat memiliki efek menenangkan. Madu melawan kerusakan radikal bebas dan polusi dengan sifat antioksidannya. Bahan ini juga sangat bagus untuk memberikan hidrasi pada kulit sehingga membantu menghaluskan dan melembutkan kulit.

Sangat bagus untuk anti-penuaan

Probiotik, antioksidan, nutrisi, dan enzim dalam madu bekerja sama untuk menutrisi sekaligus mengencangkan kulit. Manfaat madu untuk wajah ini baik dalam mempertahankan dan membangun kembali kelembapan tanpa membuatnya berminyak atau membuat iritasi. 

Meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan kerutan, madu membantu mengurangi penampilan tanda penuaan tersebut. Sementara, antioksidan membantu memulihkan kerusakan apa pun yang dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan.

Itulah 5 manfaat madu untuk wajah yang sehat dan bersih. Madu sangat sering dijadikan bahan dasar perawatan rumahan yang mudah. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar