alexametrics

5 Manfaat Jahe yang Perlu Anda Ketahui, Hangat dan Menyehatkan

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Manfaat Jahe yang Perlu Anda Ketahui, Hangat dan Menyehatkan
Ilustrasi jahe. (Pixabay/jmexclusives)

Apa saja manfaat jahe yang terkenal bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh ini?

Suara.com - Indonesia kaya akan hasil rempah yang dahulu menjadi pemicu banyak penjajah datang ke negara ini. Salah satu yang memiliki manfaat sangat banyak adalah jahe. Ya, manfaat jahe untuk kesehatan cukup banyak dan bisa didapatkan dengan optimal jika dikonsumsi secara benar.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan konsumsi secara rutin.

Membantu Mengendalikan Proses Penuaan

Karena sifatnya yang anti-inflamasi, jahe bisa membantu Anda untuk mengendalikan laju penuaan. Tak hanya itu, jahe juga bersifat anti-oksidatif yang berarti mampu membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap kanker.

Baca Juga: Menakjubkan! Ini 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Ilustrasi teh jahe lemon (pixabay)
Ilustrasi teh jahe lemon (pixabay)

Meski demikian, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut agar bisa benar-benar jadi satu fakta acuan. Beberapa penelitian memang sudah menyebutkan demikian, namun akan lebih kokoh jika dikuatkan dengan banyak penelitian lain.

Glukosa Darah dan Kolesterol

Konsumsi jahe secara rutin juga dapat membantu menurunkan glukosa darah secara signifikan. Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol jahat tinggi, konsumsi rempah ini akan membantu menurunkan kadarnya, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL atau lemak baik.

Menguatkan Imun Tubuh

Di tengah kondisi pandemi yang tak kunjung usai ini, sistem imun tubuh perlu terus ditingkatkan. Salah satu manfaat jahe yang besar adalah membantu meningkatkan sistem imun tubuh karena mengandung Vitamin C dan Magnesium. Kandungan ini bisa menguatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga: 5 Makanan yang Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Apa Saja?

Membantu Meredakan Sakit Otot

Manfaat anti-inflamasi yang dimiliki jahe juga bisa membantu mengurangi sakit otot. Tentu hal ini baik untuk Anda yang gemar berolahraga atau beraktivitas fisik secara intens. Cukup banyak juga opini yang mengatakan jahe merah akan memberikan manfaat lebih besar untuk urusan ini.

Nyeri Haid

Konsumsi air jahe secara rutin juga dapat mengurangi nyeri akibat haid. Sifatnya serupa dengan obat ibuprofen atau asam mefenamat sehingga bisa jadi solusi alami untuk Anda yang mengalami nyeri berlebih saat haid.

Bagaimana menurut Anda? Cukup banyak, kan, manfaat jahe untuk kesehatan? Jadi jika tak memiliki alergi, yuk konsumsi jahe secara rutin mulai dari sekarang guna meningkatkan derajat kesehatan Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar