alexametrics

Menakjubkan! Ini 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Rima Sekarani Imamun Nissa
Menakjubkan! Ini 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui
ilustrasi kunyit. (shutterstock)

Selain bagus untuk bahan perawatan kecantikan, apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh?

Suara.com - Kunyit selama ini memang dikenal memiliki berbagai macam manfaat. Selain menjadi bumbu dapur andalan dalam beragam masakan rumahan, manfaat kunyit juga berkaitan dengan kesehatan tubuh.

Sebagai kerabat jahe, bumbu kuning-oranye yang umum dalam masakan India, Asia Tenggara, dan Timur Tengah ini tekah digunakan sebagai obat selama berabad-abad untuk mengobati keluhan seperti masalah pernapasan.

Belakangan ini, kunyit disebut-sebut sebagai bahan super yang bisa melawan kanker, meredakan depresi, dan banyak lagi. Simak lebih lanjut manfaat kunyit untuk kesehatan seperti, dilansir dari WebMD, Minggu (17/10/2021).

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Baca Juga: Resep Ayam Suwir, Masakan Rumahan Simpel Rasa Dijamin Enak

ilustrasi kunyit. (shutterstock)

1. Mengatasi Depresi

Beberapa senyawa dalam kunyit dapat mendukung kesehatan, seperti kurkumin. Para ilmuwan menyukai potensi kurkumin untuk meredakan depresi dan membantu antidepresan bekerja lebih baik. Namun sejauh ini, hasil penelitian masih beragam.

2. Membantu Mengatasi Diabetes Tipe 2

Karena bisa membantu melawan peradangan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil, kunyit dapat dimanfaatkan untuk mencegah atau mengobati diabetes tipe 2. Sebuah studi yang mengikuti 240 orang dewasa dengan pradiabetes, menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kurkumin selama 9 bulan menurunkan peluang mereka terkena diabetes.

3. Menangkal Infeksi Virus

Baca Juga: 7 Manfaat Air Hangat, Mencegah Berbagai Penyakit hingga Mengatasi Sembelit

Saat cuaca tidak bersahabat, mungkin Anda ingin menyesap teh kunyit. Kandungannya bisa membantu melawan berbagai virus, termasuk herpes dan flu. Namun, sebagian besar penelitian tentang ini dilakukan di laboratorium, bukan pada manusia.

Perlu diingat bahwa kunyit hanya mengandung sekitar 3% kurkumin, dan tubuh Anda tidak menyerap kurkumin dengan baik, sehingga secangkir teh sesekali tidak akan menjadi obat yang efektif.

4. Meredakan Sindrom Pramenstruasi

Sebuah studi baru-baru ini terhadap wanita yang menjalani selama tiga siklus menstruasi berturut-turut menemukan bahwa suplemen kurkumin membantu meringankan gejala PMS.

Ilustrasi kunyit dan lemon (Dok. Elements Envato)
Ilustrasi kunyit dan lemon (Dok. Elements Envato)

5. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kunyit bisa membantu menurunkan kolesterol jahat LDL, sementara studi lain menyimpulkan rempah-rempah tidak berpengaruh.

Di sisi lain, para ilmuwan juga terus melihat kemungkinan kunyit yang melindungi jantung. Sebuah studi menemukan bahwa kunyit dapat membantu menangkal serangan jantung pada orang yang telah menjalani operasi bypass.

6. Baik untuk Penyakit Alzheimer

Orang dengan alzheimer memiliki peradangan kronis, dan kunyit tampaknya memiliki efek anti-inflamasi alami. Jadi apakah kunyit melawan alzheimer? Maaf, belum ada bukti ilmiah yang kuat bahwa mengonsumsi kunyit adalah cara yang efektif untuk mencegah penyakit.

7. Mengatasi Radang Sendi

Kunyit telah menunjukkan harapan karena kemampuannya untuk meredakan nyeri sendi, kekakuan, dan peradangan. Walau demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lanjutan sebelum kunyit menjadi pengobatan radang sendi.

Jika memutuskan untuk mencoba konsumsi kunyit untuk nyeri sendi, bantu tubuh Anda menyerap kurkumin alami dengan mengonsumsi kunyit bersama dengan lada hitam.

8. Membantu Meringankan Iritasi Usus

Dalam penelitian laboratorium, telah ditemukan bahwa kunyit dapat membantu memperbaiki gejala IBS seperti sakit perut. Seperti banyak hal yang telah kita bahas di sini, diperlukan lebih banyak penelitian. Kunyit juga sedang dipelajari sebagai pengobatan untuk penyakit seperti Crohn dan kolitis ulserativa.

9. Mengobati Jerawat

Beberapa orang mengklaim bahwa meletakkan masker kunyit di kulit mereka atau makan kunyit akan membantu melawan jerawat yang membandel—mungkin karena sifat antibakteri dan anti-inflamasi rempah-rempah yang dilaporkan. Sayangnya, tidak ada ilmu pasti yang mendukung hal ini.

Nah itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan yang mungkin belum banyak disadari. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar