alexametrics

6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Termasuk Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Termasuk Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
Daun buah sirsak, buah sirsak, sirsak (Pixabay/najibzamri)

Ada begitu banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Apa saja?

Suara.com - Tidak hanya daging buahnya yang nikmat untuk disantap, daun sirsak rupanya juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat daun sirsak yang mungkin masih jarang diketahui?

Mengingat beragam khasiat daun sirsak, tak heran jika sampai saat ini, daun buah sirsak kerap dijadikan sebagai pilihan pengobatan secara alami. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, daun sirsak mampu menangkal radikal bebas sampai mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline serta Stylecraze, berikut beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Penangkal radikal bebas

Baca Juga: Menakjubkan! Ini 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Daun buah sirsak (Pixabay/alidaferreira1985)
Daun buah sirsak (Pixabay/alidaferreira1985)

Beragam kandungan antioksidan pada daun sirsak mulai dari luteolin, tangerine, dan quercetin, memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas bagi tubuh.

Adanya radikal bebas dalam tubuh dapat meningkatkan risiko kerusakan sel hingga memicu timbulnya beragam penyakit, mulai dari jantung, diabetes, sampai kanker.

Meringankan insomnia

Kesulitan tidur di malam hari, dapat berdampak buruk untuk kesehatan jangka panjang maupun aktivitas di hari selanjutnya.

Dengan mengkonsumsi daun sirsak, otot-otot yang semula tegang dapat menjadi lebih rileks karena daun sirsak berfungsi sebagai penenang.

Baca Juga: 7 Manfaat Air Hangat, Mencegah Berbagai Penyakit hingga Mengatasi Sembelit

Pengontrol gula darah

Salah satu pengobatan alami bagi penderita diabetes adalah daun sirsak. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun sirsak secara teratur dapat menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan mulut

Sifat bakterisidal serta fungisidal pada daun sirsak dipercaya mampu menghambat pertumbuhan Candida albicans, Streptococcus mitis, dan Porphyromonas gingivalis pada area mulut.

Bakteri-bakteri tersebut dapat dilawan dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak secara teratur.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan acetogenin pada daun sirsak dipercaya mampu menghambat pertumbuhan beragam sel kanker seperti kanker prostat, paru-paru, payudara, dan beberapa jenis sel kanker lain.

Tidak hanya sel kanker, acetogenin juga diketahui mampu menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap Adriamycin, salah satu jenis obat untuk kemoterapi.

Meredakan peradangan

Peradangan merupakan respons imunal dalam tubuh yang terjadi karena cedera. Namun seiring berkembangnya studi kasus, peradangan juga dapat berkontribusi pada beragam penyakit.

Meski masih dalam penelitian terbatas, daun sirsak diketahui ampuh untuk mengobati beberapa jenis peradangan, seperti radang sendi. Namun tentu saja untuk pembuktian, masih diperlukan penelitian secara lebih lanjut soal manfaat daun sirsak ini.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar