alexametrics

Bela Diri Kebanggaan Indonesia, Ini Pengertian, Asal Usul, dan Gerakan Dasar Pencak Silat

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Bela Diri Kebanggaan Indonesia, Ini Pengertian, Asal Usul, dan Gerakan Dasar Pencak Silat
Ilustrasi pencak silat (Pixabay).

Perkembangan pencak silat dipengaruhi oleh watak, selera, dan bakat masyarakat yang ada di daerahnya masing-masing.

Suara.com - Pencak silat merupakan salah satu olahraga bela diri kebanggaan tanah air dan merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Tapi, sudahkah kamu mengetahui asal usul dan gerakan dasar dalam olahraga ini?

Mengutip buku elektronik terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud 2017, pencak silat adalah olahraga bela diri asli Indonesia yang dapat dimainkan secara perorangan, berpasangan, maupun beregu.

Karena pencak silat lahir dari kebudayaan bangsa Indonesia, maka perkembangannya dipengaruhi oleh watak, selera, dan bakat masyarakat yang ada di daerahnya masing-masing.

Selain keadaan masyarakat dan sifatnya, faktor alam juga dapat mempengaruhi perkembangan pencak silat itu sendiri, misalnya keadaan tempat, iklim, keadaan sosial, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kenalin Nih! Maryam Jamaludeen, Ahli Gizi Muslim AS Pecinta Pencak Silat

Pencak silat adalah suatu cara bela diri yang menggunakan akal sepenuhnya. Akal yang dimiliki manusia lebih sempurna bila dibandingkan dengan makhluk-makhluk yang lainnya.

Oleh karena itu, tidak mustahil jika manusia dapat menguasai segala macam ilmu di dunia ini. Selain itu, untuk menguasai bela diri pencak silat, diperlukan penguasaan teknik dasar pencak silat.

Asal usul pencak silat
Di Indonesia istilah pencak silat baru mulai digunakan setelah berdirinya top organisasi pencak silat yaitu IPSI. Sebelumnya di daerah Sumatera, lebih dikenal dengan istilah Silat, sedangkan di tanah Jawa kebanyakan dikenal dengan istilah Pencak Silat.

Pada periode kepemimpinan Eddie M. Nalapraya, Indonesia sebagai pendiri memiliki hasrat untuk mengembangkan pencak silat ke mancanegara dengan mengambil prakarsa pembentukan dan pendirian Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa atau PERSILAT pada tanggal 11 Maret 1980 bersama Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Keempat negara tersebut akhirnya dinyatakan sebagai negara-negara pendiri Internasional pencak silat.

Baca Juga: Pencak Silat Tetada Kalimasada, Olahraga Alternatif untuk Daya Tahan Tubuh

Upaya pengembangan pencak silat yang dipelopori oleh Indonesia dan anggota PERSILAT lainnya sampai saat ini berhasil menambah anggota PERSILAT.

Komentar