alexametrics

Waspada, 4 Kebiasaan Komunikasi Ini Bisa Berdampak Buruk Pada Hubungan Asmara

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Waspada, 4 Kebiasaan Komunikasi Ini Bisa Berdampak Buruk Pada Hubungan Asmara
Ilustrasi komunikasi yang buruk dengan pasangan. (freepik.com/freepik)

Tak hanya menyebabkan pertengkaran, tapi juga bisa memicu perpisahan.

Suara.com - Komunikasi yang baik merupakan kunci langgengnya sebuah hubungan. Sebaliknya, komunikasi yang buruk bisa berdampak pada kehancuran hubungan asmara. Tapi, seperti apa komunikasi yang buruk itu?

Melansir dari Times Of India, ada empat tanda komunikasi yang bisa berdampak negatif pada hubungan Anda. Tak hanya menyebabkan pertengkaran, tapi juga bisa memicu perpisahan.

Lalu, apa saja kebiasaan komunikasi buruk yang harus dihindari?

1. Saling menyalahkan
Saling menyalahkan adalah salah satu tanda komunikasi yang buruk dalam sebuah hubungan. Biasanya, ketika berkomunikasi, masing-masing pasangan akan mengungkap siapa yang paling benar dan siapa yang paling salah.

Baca Juga: Ingin Pernikahan Bahagia? 4 Hal Ini Wajib Dibicarakan Terlebih Dahulu dengan Pacar

Padahal, dengan komunikasi yang sehat, Anda dapat meredam itu semua, mulai dari memaafkan, mengalah, menerima dan intropeksi. Jika terus-menerus saling menyalahkan, dampaknya bisa berujung pada perpisahan.

2. Bersikap mengendalikan
Dalam hubungan yang sehat, komunikasi yang sehat bisa melahirkan sebuah kepercayaan, rasa tenang, dan mendukung perkembangan pasangan. Berbeda dengan orang yang memiliki sikap mengendalikan pasangan, di mana mereka hanya mengandalkan egonya dan membatasi ruang gerak pasangan.

3. Komunikasi satu arah
Kunci hubungan langgeng adalah kerja sama antara dua orang, juga komunikasi yang terus dilakukan agar bisa terbuka dan saling berdiskusi.

Namun, jika hanya satu orang yang berjalan dan satunya lagi memilih diam, itu bisa saja menjadi tanda yang buruk dalam hubungan Anda. Apalagi jika komunikasi Anda hanya satu arah dan tidak berjalan baik dengan pasangan.

4. Acuh terhadap pasangan
Membangun hubungan asmara pun harus dilandasi dengan rasa peduli pada pasangan. Dengan rasa pedulinya tersebut, tentu pasangan akan merasa berharga di hidupnya. Berbeda dengan pasangan yang acuh terhadap pasangannya, mereka akan lebih menyepelekan dan tidak berkomunikasi secara sering kepada Anda.

Baca Juga: Ingin Dapatkan Pasangan yang Tepat? 3 Hal Penting Ini Jangan Diabaikan!

Hayo, mau sampai kapan hidup dengan pasangan yang acuh pada Anda?

Komentar