alexametrics

7 Gejala Kucing Cacingan yang Sering Tak Disadari, Begini Cara Mengatasinya

Arendya Nariswari
7 Gejala Kucing Cacingan yang Sering Tak Disadari, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi kucing (Unsplash)

Cat lovers wajib tahu, ini 7 gejala kucing cacingan yang sering tak disadari. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Suara.com - Mengetahui kucing kesayanganmu memiliki cacing di tubuhnya, menjadi pengalaman tidak menyenangkan. Tak hanya menjijikan, kehadiran cacing pada kucing dapat menimbulkan beberapa kekhawatiran serius tentang kesehatan kucing. Mari kenali gejala kucing cacingan seperti dilansir dari laman PetMD, Jumat (22/10/2021).

Bagaimana Kucing Bisa Cacingan?

Kucing paling sering tertular kucing setelah bersentuhan dengan telur parasit atau kotoran yang terinfeksi. Kucing yang hidup di luar ruangan akan berburu tikus yang berisiko lebih tinggi tertular cacing yang dapat hidup di jaringan otot mangsanya.

Setelah memakan hewan pengerat yang terinfeksi larva cacing, kucing dapat mengembangkan cacing saat larva berkembang di usus kucing.

Baca Juga: Cara Mudah Memberi Obat Tablet ke Kucing yang Bisa Diterapkan

Kucing juga bisa terinfeksi telur dari kotoran anjing yang mengandung cacing gelang dan cacing tambang. Kucing juga bisa mendapat cacing pita melalui kutu pada anjing yang berpotensi berkembang di dalam tubuh kucing.

Gejala Cacingan Pada Kucing

Infestasi cacing pada kucing mungkin benar-benar asimtomatik (tidak menunjukkan gejala) atau parah dan mengancam jiwa, tergantung pada jenis cacing dan tingkat keparahan infestasi.

Gejala cacingan pada kucing meliputi:

  1. Muntah (terkadang dengan cacing di muntahnya)
  2. Diare (dengan atau tanpa darah)
  3. Kotoran lembek
  4. Penurunan berat badan
  5. Perut buncit
  6. Lesi kulit
  7. Kondisi tubuh umumnya buruk dan bulu kusam

Saat cacingan memburuk dan gejala berkembang, Anda mungkin melihat tanda-tanda seperti:

Baca Juga: Tubuh Kucing Ini Terjebak Dalam Pipa, Netizen Suruh Panggil Damkar

  1. Kelemahan
  2. Dehidrasi
  3. Bibir dan gusi pucat karena anemia
  4. Tekanan darah rendah
  5. Terkejut
  6. Kematian, dalam kasus yang paling parah

Apakah Cacingan Menyakitkan untuk Kucing?

Cacingan pada kucing berpotensi menimbulkan rasa sakit. Migrasi larva melalui hati, perut, mata, atau paru-paru akan menyebabkan ketidaknyamanan karena jaringan yang terkena meradang akibat gangguan tersebut. 

Penumpukan cairan dari kehilangan protein dapat menyebabkan perut buncit pada beberapa hewan, yang bisa membuat tidak nyaman karena pembengkakan pada otot dan kulit perut.

Cacingan juga dapat menyebabkan masalah pernapasan jika terlalu banyak cairan perut menekan diafragma dan membatasi kapasitas paru-paru normal untuk bernapas dengan benar. 

Cara Membasmi Gejala Cacingan pada Kucing

Ada beberapa pengobatan "rumahan" yang diklaim efektif dalam mengobati dan mencegah cacingan pada kucing, termasuk bawang putih, cuka sari apel, biji labu, wortel, dan kunyit. 

Namun, mencoba merawat kucing Anda dengan obat yang dijual bebas atau pengobatan alami untuk cacingan pada kucing tidak pernah direkomendasikan.

Cara paling aman dan efektif adalah dengan pergi ke dokter hewan. Dokter hewan Anda mungkin meresepkan obat cacing oral atau suntik yang akan membunuh cacing dewasa dan larva di usus pada saat diagnosis. 

Dokter hewan Anda juga dapat merekomendasikan memulai kucing Anda dengan pencegahan kutu topikal atau oral bulanan, karena infeksi cacing pita dapat kambuh jika ada kutu di lingkungan rumah Anda.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar