alexametrics

Cara Mudah Memberi Obat Tablet ke Kucing yang Bisa Diterapkan

Arendya Nariswari
Cara Mudah Memberi Obat Tablet ke Kucing yang Bisa Diterapkan
Ilustrasi Kucing Menggemaskan. (pexels.com/2558605)

Tak sulit, simak cara mudah memberi obat tablet ke kucing kesayangan Anda berikut ini.

Suara.com - Memberi obat pada kucing bisa menjadi tantangan bahkan bagi dokter hewan yang paling berpengalaman sekalipun! Cara termudah untuk memberi kucing Anda tablet atau pil adalah dengan menyembunyikannya dalam makanan, seperti tuna, salmon, yogurt, atau krim keju. Beberapa kucing mungkin memuntahkan obat tablet, jadi penting untuk mengamati kucing Anda selama dan segera setelah makan makanan obat.

Simak cara mudah memberi obat tablet ke kucing seperti dilansir dari laman VCA Hospitals, Selasa (19/10/2021).

Cara Mudah Memberi Obat Tablet ke Kucing

Jika kucing terus memuntahkan obat tablet atau pil, Anda harus memasukkan obat langsung ke mulut kucing. Pastikan Anda telah membaca petunjuk dengan cermat. Meskipun memberi kucing Anda obat bisa jadi menakutkan, cobalah untuk tetap tenang dan percaya diri.

Baca Juga: Menggemaskan, Ini 5 Fakta Kucing yang Tidak Banyak Orang Tahu

Ikuti cara mudah memberi obat tablet ke kucing Anda berikut ini:

  1. Siapkan tempat yang aman untuk menangani kucing Anda. Siapkan obat tablet atau pil  di tempat yang mudah dijangkau.
  2. Jangan pernah mengganggu dan mencampurkan  kucing Anda dari makan, penggunaan kotak kotoran, atau perawatan untuk memberi obat pada kucing Anda.
  3. Jika Anda memberikan obat sendiri, mungkin cara paling mudah adalah meletakkan kucing di pangkuan Anda. Mungkin lebih mudah bagi Anda untuk membungkus kucing dengan aman menggunakan selimut atau handuk dengan kepalanya yang terbuka.
  4. Lumasi atau 'olesi' obat tablet atau pil dengan sedikit margarin atau mentega agar tidak menempel di mulut atau tenggorokan kucing dan akan lebih mudah ditelan. Ini sangat membantu dengan pemberian kapsul.
  5. Pegang obat tablet atau pil di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda. Gunakan tangan yang biasa Anda pakai untuk beraktifitas baik kanan atau kiri.
  6. Pegang kepala kucing dengan lembut dari atas dengan tangan Anda yang lain, dengan meletakkan ibu jari
  7. Anda di satu sisi rahang atas dan jari-jari Anda di sisi lainnya. Miringkan kepala kucing ke belakang melewati bahunya sehingga hidungnya mengarah ke langit-langit. Rahangnya harus sedikit terbuka.
  8. Gunakan jari kelingking dan jari manis Anda untuk membuka mulut kucing lebih jauh dengan memberi tekanan lembut pada bibir bawah dan gigi depan.
  9. Letakkan pil dengan cepat sejauh mungkin di belakang lidah. Cobalah untuk meletakkannya di sepertiga belakang lidah untuk merangsang refleks menelan otomatis.
  10. Tutup mulut kucing Anda dan tahan saat Anda mengembalikan kepalanya ke posisi normal.
  11. Gosok hidung atau tenggorokan kucing dengan lembut, atau tiup ringan hidungnya, untuk merangsang menelan.
  12. Biasanya, kucing akan menjilat hidungnya dengan lidahnya jika sudah menelan pil.
  13. Dalam beberapa kasus, mungkin membantu kucing menelan obat tablet atau pil lebih baik jika Anda menyertakan obat dengan sedikit jus tuna, kaldu rasa, atau air yang disemprotkan dengan lembut ke mulut dengan jarum suntik, atau menawarkan jus tuna atau kaldu rasa dalam satu sendok teh atau mangkuk.

Setelah memberi kucing obat telan, beri dia beberapa penguatan positif yang disukai (misalnya, camilan, menyikat, mengelus, atau bermain). Jika Anda terus mengalami kesulitan, Anda mungkin dapat membeli perangkat 'pet piller' atau berbicara dengan dokter hewan untuk meminta saran.

Itulah beberapa cara mudah memberi obat tablet ke kucing yang bisa diikuti. Jika memberi obat tablet atau pil pada kucing adalah pengalaman yang membuat frustrasi, kamu bisa langsung meminta resep dokter hewan. Apotek hewan dapat menyiapkan obat cair atau mengolah formula obat dengan rasa yang menarik seperti tuna, ayam, atau salmon.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Baca Juga: Cara Bersihkan Sisa Makan yang Menempel di Behel

Komentar