alexametrics

5 Manfaat Bayam yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

Arendya Nariswari
5 Manfaat Bayam yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi
Ilustrasi bayam (Pixabay/kaboompics)

Kaya nutrisi, simak manfaat bayam selengkapnya berikut ini.

Suara.com - Bayam merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang paling banyak manfaatnya. Itulah mengapa, bayam disukai banyak orang. Lantas, apa saja manfaat bayam? Simak berikut ini penjelasannya.

Diketahui, bayam dapat diolah menjadi apa saja, seperti salad bayam dingin, bayam kukus, tumis bayam, jus bayam, dan bahkan dapat menjadi tambahan bahan kue brownies. 

Bayam juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini manfaat bayam yang perlu kamu ketahui dilansir dari laman Health, Sabtu (23/10/2021).

1. Kaya Akan Nutrisi

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Bidara, Mulai dari Meredakan Jerawat hingga Melancarkan Haid

Bayam mengandung sedikit kalori dan kaya akan nutrisi. Bayam juga kaya akan vitamin K, vitamin A, dam vitamin C , yang mana semuanya bermanfaay untuk kesehatan tulang dan kulit. Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin B, kalsium, kalium, mineral, zat besi, magnesium, dan potasium.

2. Kaya Akan Antioksidan

Selain kaya akan nutrisi, bayam juga mengandung antioksidan yang berguna sebagai anti-inflamasi serta menjaga tubuh dari berbagai penyakit, salah satunya kanker. Kandungan antioksidan dalam bayam juga membantu memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dan menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Bayam juga berguna untuk menjaga kesehatan otak atau dari kepikunan. Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang makan satu sampai dua porsi sayuran berdaun hijau (bayam) setiap hari mempunyai kemampuan kognitif yang sama dengan seseorang yang 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak mengonsumsi sayuran hijau.

Baca Juga: 7 Manfaat Jahe Merah, Tidak Hanya Nikmat tapi Juga Sehat

4. Mengatur Tekanan Darah

Bayam merupakan sumber nitrat alami, senyawa yang membantu melancarkan aliran darah dan meringankan beban kerja jantung. Sejumlah penelitian menemukan bahwa kadar nitrat dalam darah meningkat setelah mengonsumsi minuman bayam. Bayam juga membantu dalam menurunkan tekanan darah. 

5. Melindungi Kesehatan Mata

Bayam juga memiliki manfaat dalam mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), yakni penyakit mata yang dapat mengaburkan penglihatan sentral. AMD ini penyebab utama kehilangan penglihatan bagi orang berusia 50 tahun ke atas. Sekarang ini, tidak ada obat atau pengobatan untuk membalikkan kondisi, jadi pencegahan adalah kuncinya.

Nah, itulah informasi mengenai manfaat bayam untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat ya!

Komentar