alexametrics

6 Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing, Bisa Mengurangi Gatal-Gatal Alergi

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing, Bisa Mengurangi Gatal-Gatal Alergi
Ilustrasi Kucing Menggemaskan. (pexels.com/2558605)

Apa saja manfaat minyak ikan untuk kucing? Temukan jawabannya di bawah ini.

Suara.com - Kandungan minyak ikan memang memiliki beragam manfaat kesehatan bagi kucing. Lalu, tahukah Anda apa saja manfaat minyak ikan untuk kucing kesayangan?

Tingginya kandungan eicosapentoaenoic (EPA) serta docosahexaenoic (DHA) pada minyak ikan merupakan rantai panjang atom karbon dan hidrogen yang juga disebut sebagai asam lemak Omega 3 karena ikatan rangkap pertama terletak setelah atom karbon ketiga.

Seperti halnya yang tertulis dalam Journal of Veterinary Internal Medicine, asam lemak omega-3 pada minyak ikan, terutama EPA dan DHA, sangat bermanfaat bagi pengobatan beragam penyakit hewan, tidak terkecuali kucing yang sering jadi hewan peliharaan.

Dilansir dari beragam sumber, berikut 5 manfaat minyak ikan untuk kucing.

Baca Juga: Manfaat Sup Rumput Laut dan Alasan Mengapa Sering Dikonsumsi Ibu Hamil

Ilustrasi minyak ikan. (Shutterstock)
Ilustrasi minyak ikan. (Shutterstock)

Mengurangi risiko penyakit jantung

Minyak ikan diketahui mampu mengurangi kecenderungan peningkatan ritme jantung pada kucing atau yang disebut dengan fibrilasi atrium.

Selain itu, minyak ikan dapat bertindak sebagai anti-koagulan yang berpedran untuk mencegah penggumpalan darah pada jantung serta beragam penyakit jantung lainnya.

Meningkatkan fungsi kognitif sekaligus perkembangan neurologis

Pada sebuah studi berjudul A Hill’s Pet Nutrition di tahun 2012, kandungan DHA pada minyak ikan disebut dapat meningkatkan kemampuan anak kucing (kitten) dalam meningkatkan keterampilan dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Baca Juga: 4 Manfaat Daun Kumis Kucing, Lengkap dengan Cara Aman Mengolahnya

Memperlambat perkembangan penyakit ginjal

Minyak ikan yang diberikan pada seekor kucing yang mengalami gagal ginjal diketahui mampu menurunkan tekanan darah tinggi serta produksi zat pro-inflamasi yang akan memperparah kondisi ginjal.

Pada sebuah penelitian terhadap 146 kucing, kucing yang diberi tambahan asupan lemak omega 3 mampu hidup selama rata-rata 17 bulan dibanding dengan mereka yang tidak menerima asupan lemak omega yang hanya mampu bertahan selama 7 bulan.

Membantu penyembuhan rematik

Produksi prostaglandin yang berlebihan diketahui dapat meningkatkan risiko radang persendian atau rematik.

Untuk meredakan penyakit tersebut, kamu dapat memberi asupan minyak ikan untuk kucing sehingga mereka merasa lebih nyaman dan tetap gesit.

Mengurangi gatal karena alergi

Salah satu manfaat minyak ikan untuk kucing adalah melepaskan simulator peradangan atau sitokin yang mampu mengurangi rasa gatal saat kucing alergi.

Menurunkan kadar trigliserida

Tingginya kadar trigliserida pada darah dapat memperparah beragam penyakit pada kucing seperti pankreatitis, radang usus, sampai jantung. Dengan memberi minyak ikan, kamu dapat menekan kadar trigliserida pada darah kucing.

Minyak ikan memang salah satu suplemen tambahan yang cukup populer diberikan untuk kucing. Namun, kamu perlu hati-hati saat memilih merk minyak ikan supaya formulasi yang digunakan tepat sasaran.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar