alexametrics

7 Manfaat Timun untuk Kesehatan, Bantu Mencegah Penyakit Stroke hingga Diabetes

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Manfaat Timun untuk Kesehatan, Bantu Mencegah Penyakit Stroke hingga Diabetes
Mentimun (freepik)

Apa saja manfaat timun yang baik untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasan berikut.

Suara.com - Selain menyegarkan, rupanya timun juga memiliki bermacam manfaat kesehatan. Apa saja manfaat timun yang mungkin belum Anda ketahui?

Kandungan kalori, lemak, kolesterol, serta natrium yang rendah pada timun tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih, timun juga termasuk ke dalam satu buah yang memiliki kandungan beragam jenis vitamin dan kalsium tinggi.

Kira-kira, apa saja manfaat timun untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak penjelasaan berikut.

Meningkatkan kesehatan tulang

Baca Juga: 6 Manfaat Konsumsi Ikan Secara Rutin, Baik untuk Jantung hingga Kesehatan Mental

Menurut Departemen Pertanian di Amerika Serikat, timun mentah tanpa dikupas mengandung hingga 10,2 mcg vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang.

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan tulang. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan tulang. (Sumber: Shutterstock)

Di samping itu, timun juga mengandung 19,9 mg kalsium yang juga membantu proses pembekuan darah. Kedua kandungan ini memiliki kontribusi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Menjaga kesehatan jantung

Satu cangkir timur mengandung setidaknya 152 mg kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Berdasar beberapa penelitian, asupan kalium yang tinggi juga dapat menurunkan risiko terkena stroke dan penyakit jantung yang lain.

Melindungi otak dari penyakit

Baca Juga: 5 Manfaat Ikan Salmon, Salah Satunya Diklaim Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Timun mengandung zat anti-inflamasi atau fisetin yang berperan penting pada kesehatan otak. Fisetin dipercaya memiliki kemampuan mengurangi dampak penyakit neurologis. Zat ini juga dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer

Menghidrasi tubuh

Timun memang dikenal dengan rasanya yang menyegarkan, hal ini tentu tak mengherankan karena timun terdiri dari 95,2 persen air yang berarti bahwa 5 ons timun mengandung 150 ml air. Jumlah ini bahkan sudah memenuhi sekitar 26 persen kebutuhan air per harinya.

Mencegah diabetes

Cucurbitacin merupakan salah satu zat di dalam mentimun yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Curcubitacin bekerja dengan cara membantu mengelola pelepasan insulin serta mengatur metabolisme glikogen hati. Selain itu, serat pada sebuah timun juga dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

Membantu pencegahan hipertensi

Kandungan sodium berlebih dalam tubuh dapat membuat seseorang menderita hipertensi. Tingginya kadar sodium membuat kadar air dalam tubuh tidak seimbang sehingga memicu peningkatan tekanan darah.

Untuk meredakan tekanan darah, seseorang perlu mengkonsumsi makanan dengan kalium tinggi, salah satunya air timun.

Mengatasi peradangan

Timun dipercaya memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi, di mana kondisi ini dapat memicu beragam masalah kesehatan seperti diabetes, autoimun, hingga kanker. Tak heran, jika timun menjadi salah satu rujukan makanan sebagai anti-inflamasi.

Itulah tadi beberapa manfaat timun untuk kesehatan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar