alexametrics

7 Cara Membasmi Rayap di Lemari Pakaian Kayu

Fabiola Febrinastri
7 Cara Membasmi Rayap di Lemari Pakaian Kayu
Ilustrasi lemari pakaian permpuan. (Shutterstock)

Anda bisa menggunakan senyawa kimia untuk membasmi rayap.

Suara.com - Lemari baju dari kayu adalah salah satu perabot yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Selain memiliki model yang minimalis dan estetik, lemari baju ini juga lebih tahan lama, asalkan dirawat dengan baik.

Salah satunya adalah memperhatikan kebersihan dari lemari karena bahan kayu sangat mudah terkena rayap. Namun bila lemari Anda sudah mulai dimakan rayap, segera basmi dengan beberapa cara berikut ini:

1. Menggunakan zat kimia untuk mengusir rayap
Anda bisa menggunakan senyawa kimia untuk membasmi rayap. Salah satunya adalah asam borat atau yang biasa dikenal dengan nama boric acid. Zat kimia ini umumnya berbentuk cairan dan sudah terbukti t ampuh untuk mengatasi rayap dalam waktu singkat. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu semprotkan cairan ini pada lemari pakaian.

2. Memasang jebakan kardus
Meskipun terlihat simpel, tetapi untuk melakukan cara satu ini Anda harus mengetahui terlebih dahulu letak sarang rayap berada. Jadinya, Anda bisa lebih mudah dalam memasang jebakan kardus.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Lemari Pakaian Agar Awet Digunakan Bertahun-Tahun

Setelah mengetahui lokasi sarang rayap, gunakan beberapa lembar kardus besar yang telah dibasahi air secukupnya. Lalu, letakkan kardus tersebut di sekitar area sarang rayap dan biarkan beberapa jam sampai rayap mendatangi jebakan tersebut. Bila rayap sudah berkumpul dan memakan bagian kardus, Anda harus segera mengangkat dan membuangnya.

3. Menjemur lemari pakaian
Rayap tidak suka dengan tempat yang terang dan panas. Nah, cara paling mudah untuk mengusir rayap adalah dengan menjemur lemari pakaian Anda. Letakkan lemari pakaian di dekat jendela, atau pindahkan lemari ke halaman rumah, yang langsung terkena sinar matahari. Cara ini akan membuat rayap cepat mati dan tidak akan kembali lagi.

4. Usir rayap menggunakan lampu UV
Tidak semua perabot yang terbuat dari kayu mudah diangkat dan dipindahkan. Nah, bila lemari pakaian termasuk yang sulit untuk dijemur di bawah sinar matahari, Anda bisa mengatasi rayap dengan memakai lampu sinar UV. Lampu ini mirip dengan cahaya sinar matahari, yang tidak disukai oleh rayap. Cara menggunakannya cukup letakkan lampu UV tepat di atas sarang rayap.

5. Aplikasikan obat anti rayap pada lemari baju
Saat membuat lemari pakaian, Anda bisa meminta menambahkan obat anti rayap, yang bisa berfungsi sebagai pelapis kayu. Cara ini akan membantu melindungi lemari pakaian Anda dari serangan rayap sehingga bisa lebih tahan lama.

6. Gunakan pewangi lemari
Selain membuat pakaian menjadi harum, manfaat lainnya dari pewangi lemari adalah mengusir serangga yang suka menggerogoti furnitur kayu Anda. Soalnya, rayap tidak suka dengan bau menyengat sehingga mereka akan memilih menjauh dari wangi tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan kapur barus, yang memiliki kandungan naftalena, untuk mengusir serangga di dalam lemari, termasuk kecoa dan semut.

Baca Juga: Hobi Koleksi Jam Tangan, Joe Taslim Punya Lemari Khusus

7. Menyemprotkan cairan pengusir rayap dari bahan alami
Ada beberapa cara untuk membasmi rayap dengan bahan alami, salah satunya adalah menggunakan kapur sirih. Namun, sebelum menggunakan bahan ini, lebih baik kosongkan lemari terlebih dahulu. Larutkan kapur sirih dengan air, lalu semprotkan cairan ini pada sarang rayap di dalam lemari.

Komentar