alexametrics

Apa Itu Wisata Halal? Begini Penjelasannya

Rifan Aditya
Apa Itu Wisata Halal? Begini Penjelasannya
Apa Itu Wisata Halal? Begini Penjelasannya - Viral Video Aparat Usir Paksa Anjing sampai Mati Demi Kawasan Wisata Halal di Aceh. (Twitter/@gregorius)

Sebenarnya apa itu wisata halal? Bagaimana konsepnya? Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini ulasannya.

Suara.com - Kematian seekor anjing bernama Canon di Aceh tengah ramai diperbincangkan. Pasalnya, Canon mati usai ditangkap oleh Satpol PP dengan dalih wisata halal. Lantas, apa itu wisata halal?

Diketahui, Aceh masuk dalam daftar destinasi wisata halal di Indonesia. Meski demikian, bukan berarti tindakan menangkap Canon sampai mati oleh Satpol PP dibenarkan. Kasus ini menimbulkan pertanyaan tentang pengertian apa itu wisata halal sebenarnya.

Bukankah harusnya wisata halal itu membawa keberkahan? Lantas, sebenarnya apa itu wisata halal? Bagaimana konsepnya? Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini ulasannya.

Apa Itu Wisata Halal? 

Baca Juga: Kronologi Sherina Munaf Soroti Anjing Canon yang Mati di Aceh, Gegara Alasan Wisata Halal

Melansir dari CNA, pengertian wisata halal yaitu istilah untuk wisatawan muslim yang ingin mendapatkan kenyamanan saat berlibur. CNA juga mendefinisikan bahwa wisata halal adalah lokasi wisata yang menyediakan fasilitas yang serba halal.

Adapun fasilitas halal tersebut sepertj restoran dengan sajian menu halal atau  bebas alkohol, menyediakan ruang privasi antara perempuan dan laki-laki, serta menyediakan tempat ibadah.

Sedangkan melansir dari situs resmi Kemenparekraf, maksud dari Wisata Halal yaitu merujuk pada layanan tambahan amenitas, atraksi, dan aksesibilitas yang ditujukan dan diberikan untuk memenuhi pengalaman, kebutuhan, dan keinginan wisatawan muslim.

Untuk dapat mewujudkan wisata halal setidaknya terdapat sejumlah hal yang perlu tersedia seperti: makanan halal, tempat beribadah hingga fasilitas ramah muslim lainnya.

Daftar Wisata Halal Indonesia

Baca Juga: Anjing Disiksa demi Wisata Halal, Sherina Ikut Kecewa ke Satpol PP dan WH Aceh Singkil

Diketahui, Indonesia mempunyai destinasi wisata halal di berbagai pulau. Nah, salah satu pulau di Indonesia yang potensial untuk pengembangan wisata halal yaitu pulau Lombok. 

Komentar