alexametrics

Hempas Jerawat dan Kemerahan, Ini 5 Tips Rawat Kulit Berminyak dan Sensitif

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Hempas Jerawat dan Kemerahan, Ini 5 Tips Rawat Kulit Berminyak dan Sensitif
Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)

Pemilik kulit berminyak dan kulit sensitif kerap mengalami masalah kulit yang lebih sering dibanding jenis kulit kering.

Suara.com - Pemilik kulit berminyak dan kulit sensitif kerap mengalami masalah kulit yang lebih sering dibanding jenis kulit kering.

Misalnya kulit berminyak dengan jerawat, kulit sensitif jadi kemerahan karena paparan sinar matahari, apalagi jika sudah salah pilih skincare yang juga dialami seorang Beauty Influencer, Sabila Aulia Matahari.

Namun Sabila ternyata punya tips jitu dan mudah untuk merawat kulit berminyak dan sensitif. Mengutip siaran pers Aysi, Rabu (3/11/2021), berikut ini cara merawat kulit wajah berminyak, kering dan sensitif.

1. Hindari kandungan alkohol dan parfum
Untuk pemilik kulit kering, sebaiknya hindari skincare yang mengandung alkohol dan parfum karena bisa membuat kulit kering, dehidrasi, dan kemerahan.

Baca Juga: Simak Baik-Baik! Urutan Memakai Skincare Yang Benar, Hasilnya Dijamin Maksimal

Apalagi, kulit setiap orang memiliki kadar tolerasi yang berbeda terhadap alkohol dan parfum. Seperti kulit Sabila yang memiliki kadar toleransi parfum dengan wangi yang tipis.

"Tapi, kalau parfumnya udah strong gak ada toleransi sama sekali. Tapi, kalau alkohol emang gak bisa karena kulitnya langsung bereaksi dan bikin kulit kering,” ujar Sabila

2. Perbaiki lapisan kulit
Memperbaiki lapisan kulit atau skin barrier adalah kunci utama dalam mengatasi kulit berminyak dan sensitif serta tipe kulit lainnya.

Wajah akan menjadi tampak lebih sehat jika skin barriernya bagus. Ini karena merawat kulit harus dari dalam, yang akan berpengaruh pada kulit bagian luarnya.

"Jadi, aku selalu fokus dalam memperbaiki skin barrier lebih dulu," ujarnya .

Baca Juga: 4 Cara Cepat Mengatasi Kulit Kering dan Kusam, Cukup Rutin Lakukan Hal Ini

Menurut Sabila, ingredients yang cocok untuk memperkuat dan memperbaiki skin barrier adalah Hyaluronic Acid, Niacinamide, Ceramide, dan Allantoin.

Komentar