alexametrics

Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Ternyata Begini Cara Pengisian Air yang Ada di Toilet Kereta

Rima Sekarani Imamun Nissa | Hiromi Kyuna
Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Ternyata Begini Cara Pengisian Air yang Ada di Toilet Kereta
Ilustrasi kereta api [KAI]

Banyak orang penasaran dari mana air di toilet kereta api berasal. PT KAI pun membocorkan hal ini lewat akun TikTok resminya.

Suara.com - Saat menaiki kereta dan ke toilet, pernahkah Anda penasaran dari mana sumber air di sana? Apakah Anda berfikir bahwa air yang ada di toilet kereta berasal dari air hujan?

Faktanya, air di dalam toilet kereta bukan berasal dari air hujan, lho. Pihak Kereta Api Indonesia membagikan video tentang sumber air di dalam kereta melalui akun TikTok @kai121_.

Rupanya, pengisian air di kereta dilakukan pada stabling atau stasiun awal pemberangkatan serta stasiun antara tertentu yang ditunjuk. Hal ini biasanya dilakukan oleh petugas isi tangki air yang bertugas.

Mereka akan menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap serta full body harness yang dihubungkan ke sistem peralatan pelindung jatuh atau life line. Tentunya hal ini demi keamanan dan keselamatan petugas isi tangki air selama mengemban tanggung jawabnya.

Baca Juga: 10 Wisata Purwokerto, dari Alam, Wisata Bersejarah, Hingga Kuliner Enak

Tangki air terletak pada bagian atas kereta sehingga petugas harus memanjat. Tangki yang digunakan untuk menampung kebutuhan air di toilet itu memiliki kapasitas rata-rata 1.200 liter per kereta.

Pengisian air di kereta (TikTok @kai121_)
Pengisian air di kereta (TikTok @kai121_)

Pengisian tangki air dilakukan beberapa kali di stasiun antara. Hal ini demi menjamin ketersediaan air bersih di toilet selama perjalanan.

Proses pengisian tangki air ini pun disesuaikan dengan slot waktu pada grafik perjalanan kereta. Penyesuaian jadwal ini dilakukan agar tak terjadi keterlambatan kereta.

Dalam video singkat tersebut, pihak KAI juga mengimbau masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan air di toilet kereta. Mereka juga mengimbau untuk jangan lupa menutup kran air.

Video ini rupanya menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

Baca Juga: Viral Kereta Api Lewat di Tengah Pemukiman Warga, Aksi Tukang Parkir Jadi Sorotan

"Nah, kan. Dulu ada teman yang bilang air di kereta dari tampungan hujan. Akhirnya dibuktikan langsung sama KAI-nya," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Pantesan. Aku pernah naik kereta terus berhenti di stasiun, sempat dengar suara langkah kaki dari atas," ujar warganet ini.

"Oalah, jadi ini alasan ada orang naik ke atas kereta. Akhirnya nggak penasaran lagi," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hanya dalam hitungan jam, video pengisian air di kereta ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 600 ribu kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

Komentar