facebook

Kulitnya Jangan Dibuang! 6 Manfaat Pisang yang Tak Terduga untuk Perawatan Kecantikan

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kulitnya Jangan Dibuang! 6 Manfaat Pisang yang Tak Terduga untuk Perawatan Kecantikan
Ilustrasi pisang (Pexels/Dom J)

Apa saja manfaat pisang untuk perawatan kecantikan? Tak disangka, ternyata bisa memanfaatkan bagian kulitnya.

Suara.com - Kamu mungkin sudah tahu bahwa manfaat pisang sangat banyak. Bukan hanya dagingnya, kulit buah pisang rupanya juga memiliki bermacam manfaat, salah satunya bagi perawatan kecantikan.

Selain memiliki kandungan yang hampir sama dengan dagingnya, kulit pisang mengandung antioksidan tinggi. Sebagaimana yang kita tahu, antioksidan sangat efektif untuk merawat kecantikan, khususnya kulit wajah.

Mengatasi jerawat

Kandungan lutein dan karotenoid pada kulit pisang dipercaya mampu mengatasi peradangan pada kulit wajah yang diakibatkan oleh jerawat.

Baca Juga: 6 Manfaat Lemon untuk Kulit Wajah, Bikin Glowing hingga Cegah Penuaan Dini

Buah pisang. (shutterstock)

Caranya, cukup tempelkan kulit pisang pada bagian jerawat, lalu diamkan beberapa saat. Lakukan cara ini secara berulang agar jerawat lebih cepat kempes. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Mencerahkan wajah

Selain mengobati jerawat, manfaat kulit pisang adalah membantu mencerahkan kulit wajah sehingga tampak bersinar alami.

Caranya, gosokkan bagian dalam kulit pisang sebelum tidur. Diamkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya dengan air hangat.

Mengangkat sel kulit mati

Baca Juga: Pengertian Skin Barrier Serta Cara Tepat Merawatnya Agar Kulit Glowing dan Sehat

Penumpukkan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori yang dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo.

Kulit pisang dapat digunakan sebagai salah satu cara mengangkat sel kulit mati. Caranya, haluskan ulit pisang, lalu oles pada kulit wajah. Diamkan 10-15 menit, kemudian bilas dengan air mengalir.

Memutihkan gigi

Kecantikan bukan hanya soal rupa, namun juga pada kebersihan gigi yang salah satunya terpancar dari tingkat keputihan.

Manfaat pisang selanjutnya berkaitan dengan kesehatan gigit. Kulit pisang disebut bisa membantu membuat gigi tampak lebih putih bersinar.

Caranya, gosokkan kulit pisang bagian dalam, diamkan satu menit, lalu bersihkan lengkap dengan sikat dan pasta gigi. Lakukan selama satu minggu berturut-turut.

Menghilangkan mata panda

Area hitam di bawah mata mungkin mengganggu bagi beberapa orang. Rupanya, mata panda juga dapat dihilangkan menggunakan kulit pisang.

Caranya, campurkan bagian dalam kulit pisang dengan daging lidah buaya. Oleskan pada bagian luar mata, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Mengurangi kerutan

Kerutan di area wajah merupakan salah satu tanda penuaan dini. Namun, tentu saja hal ini dapat dicegah, salah satunya dengan masker kulit pisang.

Caranya, haluskan bagian dalam kulit pisang dengan satu sendok teh madu. Oleskan sebagai masker wajah, dan diamkan selama 15 menit.

Itulah beberapa manfaat pisang untuk perawatan kecantikan, terutama bagian kulitnya. Bagaimana menurutmu?

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar