alexametrics

Sahabat Diet, Ini 7 Makanan Rendah Kalori Sehat dan Mengenyangkan

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sahabat Diet, Ini 7 Makanan Rendah Kalori Sehat dan Mengenyangkan
Ilustrasi brokoli (unsplash.com/Louis Hansel)

Berikut beberapa makanan rendah kalori yang cocok untuk menemani diet sehatmu.

Suara.com - Saat menjalankan diet sehat, bukan berarti kita harus makan makanan hambar dan merasa lapar sepanjang waktu. Sebetulnya, terdapat sejumlah makanan yang memenuhi standar kesehatan: rendah kalori, enak, kaya nutrisi, dan mengenyangkan. Dilansir dari Cooking Light, Rabu (10/11/2021), berikut ini daftar makanan rendah kalori yang mudah ditemukan dan mengenyangkan.

Makanan Rendah Kalori untuk Menu Diet Sehat

Bayam

Bayam membantu kamu tetap kenyang dengan menyediakan serat dan air dalam jumlah besar dan merupakan sumber protein nabati yang baik.

Baca Juga: Bingung Pilih Makanan Kucing? Rekomendasi 6 Makanan Basah Favorit Kucing dan Harganya

Bayam yang dikonsumsi dalam jumlah besar ini mengandung kalori yang rendah. Selain itu, nutrisi tambahan dalam bayam seperti kalsium, magnesium, vitamin K, vitamin C, dan folat.

Ilustrasi bayam. (Foto: shutterstock)
Ilustrasi bayam. (Foto: shutterstock)

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah camilan enak yang tetap mengenyangkan. Kacang tinggi serat dan protein serta rendah kalori dan lemak. Karena kandungan serat yang tinggi, kacang memperlambat proses pencernaan dan membantu mengatur gula darah.

Berries

Buah berries seperti raspberry, blueberry, blackberry, dan stroberi menjadi pilihan terbaik buah yang rendah kalori dan mengenyangkan.

Baca Juga: Murah Kebangetan! Makanan Khas Turki untuk Sarapan Ini Harganya Cuma Rp5 Ribu

Dengan kandungan serat dan air yang tinggi, gula alami dalam buah beri juga lebih rendah dibanding buah lainnya. Dikemas dengan vitamin dan nutrisi, kaya antioksidan dan bersifat anti-inflamasi.

Brokoli

Sayuran ini kaya serat dan rendah kalori. Ditambah dengan vitamin A, C, E, K, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, selenium, dan folat. Brokoli juga dianggap sebagai makanan super melawan kanker.

Mentimun, Seledri, Wortel

Sayuran kaya akan air dan serat ini dapat dimakan mentah atau direbus. Mengandung protein dan lemak sehat, vitamin A, C, K, dan juga potasium untuk tubuh.

Telur

Telur berprotein tinggi dan rendah kalori bisa menjadi pilihan sarapan yang sempurna. Penelitian menunjukkan bahwa makan sarapan berprotein tinggi bagus mengurangi rasa lapar, mengenyangkan, dan mengurangi produksi hormon ghrelin (yang membuat lapar).

Telur juga sumber vitamin A, B, D, E, dan K, serta sumber nutrisi kolin. Kolin adalah nutrisi kunci dalam pertumbuhan dan pemeliharaan sel serta kesehatan otak dan tulang.

Fatty Fish (Ikan Berlemak)

Ikan berlemak seperti salmon, halibut, tuna adalah sumber protein rendah kalori yang baik. Ikan ini juga kaya akan asam lemak omega-3 yang terbukti mampu memerangi penyakit peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung, otak, dan mata.

Ikan berlemak menjadi tambahan penting untuk siapapun yang ingin menurunkan berat badan.

Dalam menjalankan diet sehat, kamu tetap bisa mengonsumsi makanan enak dan mengenyangkan. Pilih makanan rendah kalori yang kaya akan protein dan nutrisi lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar