alexametrics

5 Tips Hilangkan Noda Kunyit di Kain, Mudah dan Tanpa Drama

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Tips Hilangkan Noda Kunyit di Kain, Mudah dan Tanpa Drama
Ilustrasi pria mencuci baju. (Shutterstock)

Menghilangkan noda kunyit pada pakaian bukanlah hal yang sulit. Berikut tips hilangkan noda kunyit di kain.

Suara.com - Noda kunyit merupakan salah satu hal yang menjengkelkan saat kita temukan di pakaian, apalagi jika pakaian itu berwarna putih. Lalu, adalah tips hilangkan noda kunyit di kain yang efektif?

Tidak perlu khawatir. Berikut rangkuman 4 tips mudah menghilangkan noda kunyit pada pakaian.

Hilangkan noda kunyit dengan soda atau baking soda

Jika bajumu terkena kunyit, segera hilangkan dengan baking soda atau soda. Jika menggunakan baking soda, cukup buat pasta baking soda dengan campuran air. Setelah itu, gosokkan pada pakaian yang terkena noda kunyit dan diamkan selama semalaman sampai noda mulai menghilang.

Baca Juga: Selain Model, 4 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Memilih Baju Anak

Ilustrasi baking soda. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi baking soda. (Sumber: Shutterstock)

Sementara itu, jika menggunakan soda, kamu cukup rendam pakaian yang terkena noda kunyit dan diamkan semalaman. Jangan lupa untuk menggunakan soda yang tidak mengandung gula.

Segera cuci dan jemur di bawah terik matahari

Tips menghilangkan noda kunyit pada pakaian berikutnya adalah segera dicuci. Ya, langkah pertama yang harus segera kamu lakukan saat pakaian terkena noda kunyit adalah mencucinya.

Namun sebelum itu, singkirkan gumpalan yang masih menempel terlebih dulu dengan sendok atau bagian pisau yang tumpul. Lakukan secara hati-hati supaya noda tidak semakin melebar.

Setelah itu, basuh dengan air, cuci pada bagian yang terkena noda dengan detergen dan rendam selama 30 menit. Oh, iya! Jangan gunakan air panas karena justru akan melekatkan noda.

Baca Juga: Biar Lebih Nyenyak, Ini Tips Pilih Pakaian Tidur yang Nyaman

Usai mencuci baju, segera keringkan di bawah sinar matahari. Jika pakaian berwarna putih, kamu tidak perlu membaliknya. Namun jika warna baju selain itu, balik terlebih dahulu, sehingga matahari tepat menghadap ke arah noda.

Hilangkan noda kunyit dengan lemon

Tips hilangkan noda kunyit di kain satu ini bisa kamu gunakan dalam keadaan darurat dan tidak memungkinkan untuk mencuci baju saat itu juga.

Caranya, peras lemon dan teteskan sarinya tepat ke noda kunyit yang menempel. Biarkan beberapa saat, dan bilas dengan air bersih atau es batu.

Ilustrasi lemon. (Pexels/Lukas)
Ilustrasi lemon. (Pexels/Lukas)

Gunakan pemutih

Jika pakaian yang terkena noda kunyit berwarna putih, cukup sulit untuk mengembalikannya ke warna semula.

Oleh karena itu, gunakan cairan pemutih untuk membantu menghilangkan noda yang ada. Namun pastikan bahwa bahan kain itu tahan jika direndam ke dalam larutan pemutih.

Cuci dengan mesin cuci

Siklus pencucian pada mesin cuci dipercaya mampu mencegah penyebaran noda ke bagian lain pada pakaian.

Namun, jangan lupa untuk menambahkan detergen anti noda saat mencuci pakaian bernoda kunyit dengan mesin cuci. Selain itu, jangan lupa untuk ikuti label petunjuk pencucian pada pakaian tersebut.

Itulah tadi beberapa tips hilangkan noda kunyit di kain. Semoga informasi tentang cara menghilangkan noda kunyit pada pakaian di atas bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar