facebook

Selain ke Dokter Hewan, Ini 6 Cara Mengatasi Kucing Susah Buang Air Besar

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selain ke Dokter Hewan, Ini 6 Cara Mengatasi Kucing Susah Buang Air Besar
Ilustrasi kucing (Elements Envato)

Bagaimana cara mengatasi kucing susah buang air besar? Berikut tipsnya.

Suara.com - Sembelit atau susah buang air besar yang menimpa kucing menjadi sumber kekhawatiran umum bagi pemiliknya. Lantas, bagaimana cara mengatasi kucing susah buang air besar? Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini ulasannya.

Kucing yang beberapa kali pergi ke kotak kotorannya tanpa hasil, kucing yang meringis saat buang air besar, atau tidak buang air besar sama sekali, memberikan sinyal yang jelas bahwa ada sesuatu yang salah.

Bagaimana caranya mengatasi masalah kucing susah buang air besar? Jika kucing peliharaan kamu mengalami sembelit atau susah buang air besar, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Adapun cara mengatasi kucing susah buang air besar adalah sebagai berikut, dilansir dari myanimals, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Daftar Harga Makanan Kucing, Bisa Pilih Mau yang Kering atau Basah

Ilustrasi kucing (Elements Envato)
Ilustrasi kucing (Elements Envato)

Meningkatkan Konsumsi Air

Kucing peliharaan kamu harus selalu memiliki air bersih dan segar. Beberapa kucing sangat selektif dengan air dan menolaknya segera setelah menjadi sedikit kotor.

Dalam kasus ini, kamu dapat membeli air mancur minum otomatis di toko khusus mana pun. Itu akan membuat air tetap mengalir dan mendorong kucing untuk minum lebih sering.

Ada cara lain untuk membuat kucing minum lebih banyak air. Letakkan beberapa air mancur minum di sekitar rumah, bumbui air dengan produk tertentu untuknya, atau tambahkan kaldu (tanpa garam atau lemak) ke makanan kering. Makanan basah juga merupakan pilihan yang baik.

Periksa Diet Kucing Peliharaanmu

Baca Juga: Niat Minta Bantuan Kucing Tetangga untuk Tangkap Tikus, Endingnya Jadi 'Tom and Jerry'

Sangat penting untuk memberi hewan-hewan peliharaan dengan makanan berkualitas karena defisit nutrisi mahal untuk diperbaiki. Periksa nilai gizi makanan kering yang dimakan hewan perliharaan dan pastikan ia memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan.

Meminimalkan Stres di Lingkungan

Jika kamu memelihara kucing, kamu akan tahu bahwa mereka tidak menyukai perubahan. Hewan ini rentan terhadap stres dan keadaan emosional dapat menyebabkan sembelit.

Pastikan untuk memeriksa semua aspek rutinitas dan lingkungan mereka untuk melihat apa yang mungkin membuat mereka gugup atau stres.

Hindari Obesitas

Dalam cara mengatasi kucing susah buang air besar, sangat penting untuk menjaga berat badan hewan agar tetap sehat. Obesitas memiliki efek memperlambat gerakan peristaltik usus yang pada gilirannya menghambat pencernaan.

Tingkatkan Jumlah Latihan

Hal terbaik untuk melancarkan buang air besar pada saat sembelit ringan adalah bergerak. Menjaga kucing agar tetap aktif adalah cara sempurna untuk membuat mereka tetap mereka bergerak.

Ada banyak mainan yang akan membantu kamu melakukan aktivitas ini. Selain itu, kamu juga dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan kucing peliharaan.

Sertakan Serat dalam Makanannya

Ada banyak produk khusus yang kaya serat untuk ditambahkan ke makanan kucing. Makanan yang mengandung serat berguna meredakan sembelit. Kamu bisa menggunakan oat, gandum, atau labu.

Serat berguna untuk meningkatkan transit usus dan membengkak dengan air sehingga memberikan volume dan hidrasi ke tinja.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi kucing susah buang besar. Jika kucing masih susah buang besar, segeralah bawa hewan peliharaan kesayangan ke dokter hewan.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar