alexametrics

Jadi Kinclong Lagi! Begini Cara Membersihkan Jamur di Mesin Cuci

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jadi Kinclong Lagi! Begini Cara Membersihkan Jamur di Mesin Cuci
Ilustrasi pria mencuci baju. (Shutterstock)

Bagaimana cara membersihkan jamur di mesin cuci? Perhatikan tips berikut ini.

Suara.com - Bagi masyarakat modern, keberadaan mesin cuci mungkin jadi salah satu hal yang lumrah. Namun, tak semua orang yang memiliki mesin ini mengetahui benar bagaimana cara merawatnya. Misalnya saja, mengetahui cara membersihkan jamur di mesin cuci yang terbentuk karena terlalu lama digunakan.

Ya, kebersihan mesin cuci wajib dijaga agar kain apapun yang masuk ke dalam mesin cuci juga bisa keluar dengan bersih tanpa bau atau noda. Pada artikel singkat ini, akan disajikan beberapa cara membersihkan mesin cuci dari jamur dengan praktis.

Cara Membersihkan Jamur di Mesin Cuci

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Baca Juga: Warganet Pamer Kondisi Mesin Cuci Mengenaskan, Keluarkan Bunyi Seperti Ketawa Cekikikan

  • Kain mikrofiber
  • Trash bag
  • Kuas atau sikat kecil dengan bulu lembut
  • Sarung tangan
  • Cairan pemutih klorin
Ilustrasi mesin cuci. (Unsplash/Chrissie K)
Ilustrasi mesin cuci. (Unsplash/Chrissie K)

Langkah Membersihkan Mesin Cuci dari Jamur

  1. Kosongkan mesin cuci dari segala jenis cucian dan deterjen yang ada di dalamnya.
  2. Pilih mode Normal Wash Cycle untuk kapasitas besar, pasang temperatur air di bagian hangat atau panas.
  3. Masukkan satu cup pemutih klorin ke dalam tangki pencuci, atau masukkan setengah cup pemutih klorin ke bagian yang seharusnya diisi detergent. Operasikan mesin cuci dengan air panas dan pemutih klorin.
  4. Ketika sudah selesai, gunakan kain mikrofiber tadi untuk membersihkan dan mengeringkan bagian pintu mesin cuci dan gasket, dua area ini harus dijaga tetap bersih agar air tidak bocor
  5. Gunakan sarung tangan dalam proses ini, kemudian bersihkan bagian dalam mesin cuci dengan sikat lembut yang sudah disiapkan tadi. Pastikan semua sela sudah bersih, agar tidak ada bau yang tersisa.
  6. Akhiri dengan menjalankan short cycle atau metode sebelum pencucian tanpa menambahkan apapun di dalam kompartemen mesin cuci. Hal ini ditujukan untuk membilas bersih semua area mesin cuci.

Cara di atas terbilang cukup mudah dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja. Anda juga dapat melihat video tutorialnya di YouTube jika masih ragu atau takut melakukan prosedur ini.

Sebenarnya Anda juga bisa dengan mudah memanggil jasa servis atau jasa membersihkan mesin cuci untuk mempermudah proses. Walau begitu, tetap saja Anda idealnya paham cara membersihkan jamur di mesin cuci, kan?

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Noda Kunyit di Kain, Mudah dan Tanpa Drama

Komentar