alexametrics

Apa Itu Globalisasi, Karakteristik, Gejala, dan Contohnya

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Apa Itu Globalisasi, Karakteristik, Gejala, dan Contohnya
Ilustrasi Globalisasi. (Unsplash)

Globalisasi sering dibahas dalam mata pelajaran Sosiologi, dan kian santer dibicarakan seiring dengan kemajuan teknologi yang mendekatkan dunia.

Suara.com - Kata globalisasi kian santer dibicarakan seiring dengan perkembangan digital, internet, dan media sosial yang semakin pesat.

Mengutip Ruang Guru, Sabtu (20/11/2021), globalisasi sering dibahas dalam mata pelajaran Sosiologi. Tapi masih saja, banyak yang belum paham apa itu globalisasi.

Pengertian globalisasi

Globalisasi adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap negara ke penjuru dunia yang lain, sehingga tidak jelas lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara.

Baca Juga: 15 Pilihan Jurusan IPS di Perguruan Tinggi: Kriminologi, Ilmu Politik hingga Sosiologi

Menurut Anthony Giddens, globalisasi adalah hubungan sosial yang menjadi intens antar penduduk di dunia ini.

Kemudian terhubunglah satu peristiwa dengan peristiwa lainnya, yang menghasilkan dampak timbal balik antar wilayah, sehingga berkembang luas sampai aspek-aspek kehidupan antara keduanya.

Karakteristik globalisasi

Globalisasi bisa dilihat secara langsung berdasarkan gejalanya. Seperti smartphone yang kini juga digunakan tak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga untuk belajar, berbelanja, dan lain sebagainya.

1. Perubahan konsep ruang dan waktu
Adanya penemuan baru seperti telepon, handphone, internet, dan berbagai macam lainnya menunjukan bahwa komunikasi secara global terjadi secara cepat.

Baca Juga: Pengertian Gejala Sosial, Karakteristik, dan Contohnya dalam Pelajaran Sosiologi

2. Pasar dan produksi ekonomi di semua negara saling ketergantungan dengan produk yang lainnya karena perdagangan internasional.

Komentar