alexametrics

15 Pilihan Jurusan IPS di Perguruan Tinggi: Kriminologi, Ilmu Politik hingga Sosiologi

Rifan Aditya
15 Pilihan Jurusan IPS di Perguruan Tinggi: Kriminologi, Ilmu Politik hingga Sosiologi
15 pilihan jurusan IPS di perguruan tinggi - Ilustrasi kuliah di kelas. [Istimewa]

Berikut ini 15 pilihan jurusan IPS di perguran tinggi yang dapat kamu pilih.

Suara.com - Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada tingkat perguruan tinggi biasanya menjadi incaran siswa yang kurang tertarik dengan ilmu eksak. Apa saja pilihan jurusan IPS di perguran tinggi?

Selain di bidang humaniora, terdapat beragam pilihan jurusan IPS di perguruan tinggi yang bisa kamu pilih. Mulai dari Manajemen, Ekonomi, Hukum, Psikologi, sampai Filsafat.

Nah, kali ini kita akan membahas 15 pilihan jurusan IPS di perguran tinggi yang dapat kamu pilih, dilansir dari Ruang Guru, Minggu (29/8/2021).

1.       Kriminologi

Baca Juga: Pengertian Gejala Sosial, Karakteristik, dan Contohnya dalam Pelajaran Sosiologi

Pilihan jurusan IPS di perguran tinggi yang pertama kami rekomendasikan ini mungkin terbilang jarang diketahui banyak orang. Namun prospek pekerjaannya cukup menjanjikan. Apalagi ahli di bidang kriminologi masih belum banyak.

Di jurusan Kriminologi, kamu akan mengulik ilmu tentang aspek kejahatan. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan di Kriminologi pun beragam. Mulai dari Analisa Resiko Kejahatan, Viktimologi, Sistem Peradilan Pidana, dan masih banyak lagi.

2.       Manajemen

Jurusan manajemen rupanya tidak selalu identik dengan masalah ekonomi loh. Beberapa perguruan tinggi akan menspesifikasikan jurusan Manajemen ke berbagai bidang seperti Manajemen Pemasaran, Manajemen Pendidikan, Manajemen Perbankan, sampai Manajemen Pariwisata.

3.       Hukum/Ilmu Hukum

Baca Juga: Pengertian Globalisasi, Karakteristik, Contoh, dan Proses Terjadinya

Jika kamu bercita-cita menjadi seorang pengacara atau hakim, Hukum menjadi jurusan yang bisa kamu tempuh saat di perguruan tinggi. Di jurusan Hukum sendiri akan terbagi beberapa turunan mata kuliah seperti Hukum Waris BW, Perbandingan Hukum Perdata, Hukum Perkawinan, dan lain-lain.

4.       Akuntansi

Kalau kamu termasuk anak IPS yang suka berhitung, khususnya berhitung uang, jurusan Akuntansi bisa jadi pilihan. Di sini, kamu akan mempelajari segala bentuk transaksi keuangan. Mulai dari perhitungan laba rubi, debit kredit, dan lain-lain.

5.       Arkeologi

Kamu tertarik dengan penemuan-penemuan bersejarah seperti artefak atau fosil? Nah, di jurusan Arkeologi kamu akan memiliki mata kuliah semacam itu. Beberapa diantaranya adalah Permukiman dan Perkotaan Kuno, Arkeologi Maritim, Permasalahan Pelestarian Cagar Budaya, dan tentu saja kegiatan praktik lapangan.

6.       Sastra/Pendidikan Bahasa

Mengulik asal muasal, penggunaan, sampai perkembangan bahasa memang menyenangkan. Saat ini terdapat beragam jurusan Sastra yang kamu pilih, tidak sebatas di Sastra atau Pendidikan Bahasa Indonesia atau Inggris. Contoh jurusan sastra lain adalah Sastra Jerman, Belanda, Jawa, Rusia, dan Jepang.

7.       Ilmu Politik

Untuk kamu yang gemar mengikuti perkembangan politik baik di dalam mauun luar negeri, kamu dapat mengembangkan ketertarikan itu dengan mengambil kuliah jurusan Ilmu Politik. Harapannya setelah lulus dari Ilmu Politik, tentu saja kamu bisa jadi memperdayakan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

8.       Ilmu Kesejahteraan Sosial

Dengan belajar Ilmu Kesejahteraan Sosial, kamu tidak hanya mengembangkan potensi diri namun juga berupaya mengembangkan kesejahteraan orang banyak loh. Beberapa mata kuliah jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial diantaranya Metode Pekerjaan Sosial, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Sistem Politik Indonesia.

9.       Filsafat

Ketika memutuskan kuliah di jurusan Filsafat, kamu akan terus didorong untuk berpikir kritis mengenai berbagai hal di dunia. Dengan begitu, kamu akan terbiasa menganalisis suatu masalah dengan penilaian secara objektif.

10.   Ilmu Komunikasi

Jurusan satu ini termasuk dalam salah satu jurusan IPS paling diminati pada SBMPTN 2021. Tentu saja hal ini tidak mengherankan karena Ilmu Komunikasi mengajarkan kita beragam ilmu kreatif, seperti jurusan Jurnalistik, Periklanan, sampai Public Speaking.

11.   Ilmu Administrasi (Bisnis, Negara, Fiskal)

Jika kamu tertarik mengambil jurusan Ilmu Administrasi, pastikan kamu telah menentukan bidang apa yang ingin kamu perdalam. Pasalnya, di jurusan Ilmu Adminstrasi kamu akan dituntut memilih beberapa konsentrasi dari mulai Administrasi Negara, Bisnis, dan Fiskal   seperti yang ada di Universitas Indonesia.

12.   Ilmu Sejarah

Dengan mengetahi beragam hal yang terjadi di masa lalu, kamu bisa turut membuat intropeksi di masa depan loh. Beberapa mata kuliah yang akan kamu peroleh di Ilmu Sejarah adalah Agraria, Militer Indonesia, Diplomasi Indonesia, dan banyak lagi.

13.   Sosiologi

Di jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, kamu bisa memilih jurusan Sosiologi. Saat kamu memilih jurusan ini, kamu bisa mempelajari beragam mata kuliah menarik mulai dari Sosiologi Kesehatan, Sosiologi Fashion, Studi Urban dan Regional, sampai Analisis Kriminalitas dan Korupsi.

14.   Psikologi

Jika kamu memiliki rasa empati yang tinggi, psikologi bisa jadi jurusan kuliah yang tepat. Di sini kamu akan mempelajari tingkah laku manusia loh. Tapi perlu diingat bahwa jurusan Psikologi di beberapa universitas justru masuk ke rumpun IPA, jadi pastikan dulu.

15.   Hubungan Internasional

Jika kamu memiliki ketertarikan dengan isu-isu internasional, jurusan Hubungan Internasional bisa jadi jurusan IPS paling tepat. Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di sini adalah Teori Diplomasi, Komunikasi Internasional, Organisasi Internasional, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia 15 pilihan jurusan IPS di perguruan tinggi. Sebelum menentukan jurusan pilihanmu, pastikan kamu telah memastikan minatmu di sana, ya!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar