facebook

Cara Membersihkan Noda pada Perabot Kayu, Ampuh dan Tidak Merusak Furnitur

Rima Sekarani Imamun Nissa
Cara Membersihkan Noda pada Perabot Kayu, Ampuh dan Tidak Merusak Furnitur
Ilustrasi aneka perabot kayu di rumah. (Pixabay/shadowfirearts)

Bagaimana cara membersihkan noda pada perabot kayu? Berikut penjelasannya.

Suara.com - Bagaimana cara membersihkan noda pada perabot kayu yang aman dan efektif? Jangan sampai bukannya bersih, perabot kayu di rumah malah jadi rusak dan tak terlihat menarik lagi.

Hampir setiap rumah memiliki perabot yang terbuat dari atau beraksen kayu. Sebagai elemen alami, kayu membawa kehangatan dan fleksibilitas untuk hampir semua gaya desain. Sementara kayu tahan lama dan mudah dirawat, kayu perlu dibersihkan dengan benar untuk mempertahankan keindahannya.

Tumpahan makanan dan minuman harus segera dibersihkan. Terlalu banyak cairan dapat menyebabkan kayu menjadi gelap dan melengkung atau hasil akhir menjadi keruh. Tentunya, hal ini akan mengurangi nilai estetika yang ada pada perabotan anda.

Pada kesempatan ini, akan diulas tentang cara membersihkan noda pada perabot kayu. Mari simak!

Baca Juga: 7 Anjing Kecil yang Sering Dipelihara di Rumah, Menggemaskan dan Dikenal Ramah

Ilustrasi aneka perabot kayu di rumah. (Pixabay/LynnePike)
Ilustrasi aneka perabot kayu di rumah. (Pixabay/LynnePike)

Alat yang Dibutuhkan

Berikut adalah beberapa alat yang dibutuhkan untuk membersihkan noda pada perabot kayu yang Anda miliki:

Peralatan / Alat

  • Kain microfiber
  • Kain katun
  • Ember
  • Spons
  • Sarung tangan karet

Bahan

  • Dusters elektrostatik sekali pakai
  • Cairan pencuci piring
  • Kantong teh
  • Roh mineral
  • Bola kapas dan kapas

Cara Membersihkan Furnitur Kayu

Baca Juga: 7 Bunga yang Cocok di Dalam Rumah, Bikin Ruangan Cantik dan Segar Seketika

Pembersihan Rutin Furnitur Kayu

1. Bersihkan Noda

Gunakan handuk kertas atau kain lembut untuk menghapus tumpahan cairan dan kondensasi dari minuman segera. Untuk noda lengket, celupkan kain ke dalam air biasa dan peras sampai menjadi hanya sedikit lembap. Bersihkan kekacauan dan segera gunakan kain microfiber kering untuk menggosok kayu kembali ke kilau.

2. Membersihkan Debu

Gunakan kain microfiber atau duster elektrostatik sekali pakai seperti Swiffer untuk menghilangkan debu. Jangan lupa kaki, lengan, dan dukungan kayu yang lebih kecil dari furnitur. Setelah debu dibersihkan, gunakan kain katun lembut untuk menggosok permukaan untuk menghilangkan noda dan membuat kilau.

3. Menghapus Kotoran

Jika kayu telah disimpan lama atau diabaikan, campurkan larutan satu sendok teh cairan pencuci piring ke dua liter air. Celupkan spons atau kain lembut ke dalam larutan yang telah disiapkan. Peras sampai menjadi hanya sedikit lembap.

4. Pembersihan Detail

Terlalu banyak semir atau lilin bisa bikin permukaan furnitur kayu tampak keruh atau gelap. Ada beberapa cara untuk membersihkannya. Untuk melindungi kayu, mulailah dengan metode yang paling lembut dan maju ke metode yang lebih kuat hanya jika diperlukan.

5. Menggunakan Teh Hitam

Tanin atau asam tannic dalam teh dapat memotong waxy build-up pada kayu. Seduh dua kantong teh hitam dalam dua cangkir air panas. Ketika teh dingin, celupkan kain lembut ke dalam larutan dan peras sampai hanya lembap. Mulailah dari bagian atas potongan dan bersihkan dengan lembut ke arah butiran kayu.

Bilas kain dalam air biasa untuk menghilangkan kotoran. Peras, lalu basahi lagi dengan larutan teh, diperas sebentar, kemudian gunakan untuk menyeka. Selesaikan dengan mengeringkan setiap bagian yang dibersihkan menggunakan kain lembut.

6. Menggunakan Mineral

Mineral adalah sulingan minyak bumi yang digunakan untuk menipiskan cat berbasis minyak dan noda bersih dan pernis untuk menghilangkan penumpukan lilin. Selalu kenakan sarung tangan pelindung dan peralatan saat menggunakan produk dan bekerja di ruang berventilasi baik.

Tempatkan sejumlah kecil pada kain tua dan bersihkan furnitur mengikuti butiran kayu. Pindah ke area yang bersih dari kain saat kotoran dipindahkan. Selesaikan dengan menggosok kayu dengan kain yang lembut dan kering.

Meja kayu. (Pixabay/PublicDomainArchive)
Meja kayu. (Pixabay/PublicDomainArchive)

Mengatasi Masalah Noda pada Furnitur Kayu

Bercak Air

Masalah yang paling umum ditemui pada furniture kayu adalah noda akibat bercak air. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggosokkan beberapa minyak zaitun atau mayones ke area kayu yang ingin diputihkan. Biarkan selama satu jam dan lap permukaan tersebut.

Bekas Tinta

Untuk mengatasi bekas tinta pada permukaan furnitur kayu, Anda cukup mencelupkan kain lembut lembap ke dalam beberapa baking soda kering dan gosok area bernoda dengan lembut sampai nodanya menghilang. Gunakan kain basah bersih untuk menghapus residu baking soda dan keringkan dengan kain lembut.

Baking soda mungkin sedikit menumpulkan hasil akhir, jadi gunakan beberapa cat kayu untuk mengembalikan kilau perabot.

Bekas Lem

Masalah yang terakhir adalah adanya bekas lem. Salah satu cara membersihkan bekas lem pada perabot kayu adalah menggunakan tepi kartu kredit atau scraper plastik untuk melonggarkan sebanyak mungkin residu lengket.

Tempatkan setetes minyak zaitun atau minyak mineral pada kain lembut dan gosokkan di area bernoda. Pindah ke area kain yang bersih saat residu ditransfer dan aplikasikan kembali lebih banyak minyak jika diperlukan.

Selesaikan dengan menggunakan beberapa cat kayu untuk meratakan kilau di seluruh permukaan kayu.

Demikian adalah ulasan tentang cara membersihkan noda pada perabot kayu. Semoga dapat dijadian referensi bagi Anda yang berniat untuk memberishkan perabot-perabot kayu di rumah.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar