alexametrics

Sudah Tahu 6 Manfaat Daun Jarak? Bisa Mengatasi Sembelit hingga Sakit Kulit

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sudah Tahu 6 Manfaat Daun Jarak? Bisa Mengatasi Sembelit hingga Sakit Kulit
Daun jarak. (YouTube/Dapur Azizah)

Apa saja manfaat daun jarak untuk kesehatan? Ternyata bisa untuk mengatasi sembelit juga.

Suara.com - Apakah Anda tahu daun jarak? Daun yang tergolong dalam salah satu jenis tanaman herbal ini dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Apa saja manfaat daun jarak?

Manfaat daun jarak didukung dengan keberadaan senyawa Alkaloid, Astragalus, Fitonutrien, Kaempferol, hingga Quercetin. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang manfaat daun jarak.

Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

Mengatasi Sembelit

Baca Juga: Selain Lezat, Ini 6 Manfaat Kesehatan dari Makan Kimchi secara Teratur!

Daun jarak. (YouTube/Rin Alma)
Daun jarak. (YouTube/Rin Alma)

Bagi Anda yang mengalami sembelit, daun jarak bisa jadi salah satu pengobatan herbal yang efektif. Caranya cukup mudah. Petik beberapa daun jarak yang masih segar, cuci, kemudian kukus hingga matang. Setelah matang, santap bersama makanan berat sebagai lalapan.

Membantu Mengatasi Sakit Gigi

Manfaat daun jarak yang lain yaitu membantu mengatasi sakit gigi. Getah daun jarak pagar bisa menjadi bagian paling berguna untuk hal ini. Anda tinggal mengoleskan getah daun jarak pagar pada bagian gigi yang dirasa sakit.

Mengatasi Sariawan

Masih dalam ranah kesehatan mulut, Anda juga bisa menggunakan daun jarak untuk mengatasi sariawan yang melanda. Hal ini berkat adanya kandungan anti inflamasi pada getah daun jarak tersebut. Siapkan daun jarak, remas-remas hingga getah muncul, dan oleskan sedikit ke bagian yang sariawan.

Baca Juga: 5 Manfaat Gandum, Salah Satunya Dapat Mengurangi Berat Badan

Mengatasi Perut Kembung

Namun, bagaimana caranya? Ternyata caranya sangat mudah, yakni mengoleskan atau menempelkan daun jarak ke bagian perut.

Siapkan daun jarak yang masih utuh, kemudian bersihkan sampai tidak ada getah yang menempel. Berikan minyak kayu putih pada daun jarak, dan tempelkan di bagian perut.

Ilustrasi sakit perut (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi sakit perut (Pexels/Andrea Piacquadio)

Membantu Menstabilkan Gula Darah

Mungkin tak banyak yang tahu, salah satu manfaat daun jarak adalah membantu menstabilkan gula darah. Pada penderita diabetes hal ini bisa sangat membantu karena gula darah jadi masalah utama di penyakit tersebut. Caranya mudah, Anda tinggal mengkonsumsi air rebusan daun jarak secara rutin.

Menghilangkan Kurap

Terakhir dalam daftar ini adalah manfaat untuk kesehatan kulit. Kurap merupakan infeksi jamur yang memicu timbulnya ruam melingkar berwarna merah. Daun jarak mengandung minyak yang mengandung Asam Undesilenat yang dapat membantu meredakan kurap.

Itu tadi beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat berguna untuk Anda dan tetap jaga kesehatan setiap hari.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar