alexametrics

Ini 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Termasuk Cegah Kerusakan Hati

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ini 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Termasuk Cegah Kerusakan Hati
Pedagang yang sedang merapikan bawang putih yang sudah bersih dari kulitnya di Pasar Induk Kramat jati, Jakarta Timur, Jumat (07/02). [Suara.com/Alfian Winanto]

Apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya.

Suara.com - Selain dikenal sebagai bumbu pelengkap masakan, ternyata bawang putih memiliki banyak khasiat atau manfaat kesehatan. Apa saja manfaat bawang putih yang perlu diketahui?

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak!

Menurunkan Tekanan Darah

Bukan dalam bentuk bawang putih langsung, namun konsumsi suplemen ekstrak bawang putih dapat membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah serta kolesterol. Secara reguler, konsumsi suplemen ini dan lihat hasilnya pada profil kolesterol serta penurunan tekanan darah Anda.

Baca Juga: Terhindar dari Berbagai Penyakit, Ini 7 Makanan Penurun Kolesterol

Ilustrasi bawang putih. (Pexels.com/Cats Coming)
Ilustrasi bawang putih. (Pexels.com/Cats Coming)

Mencegah Serangan Flu

Konsumsi rutin bawang putih dalam periode waktu tertentu dapat membantu Anda mencegah dan mengurangi resiko terjangkit flu. Hal ini disampaikan dalam salah satu studi oleh American Family Physician. Jadi menghadapi musim pancaroba sekarang ini, bawang putih dadi opsi yang menarik.

Menurunkan Resiko Kanker Paru

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di salah satu jurnal Cancer Prevention Research menyatakan bahwa konsumsi bawang putih secara rutin dapat menurunkan resiko kanker paru yang dimiliki seorang. Penurunannya cukup besar hingga pada angka 44%.

Efek Detoksifikasi

Baca Juga: Deretan Makanan Tinggi Protein, Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Karena memiliki kandungan Sulfur di dalamnya, bawang putih juga dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi. Dalam dosis cukup, Sulfur dapat membantu memberikan proteksi dan perlindungan dari racun metal yang mungkin saja ada di dalam tubuh.

Bawang Putih. (Unsplash/@nordwood)
Bawang Putih. (Unsplash/@nordwood)

Mencegah Kerusakan Hati

Kebiasaan yang buruk seperti konsumsi minuman beralkohol dalam waktu panjang dapat membuat hati keracunan. Bawang putih, dalam hal ini mengandung Diallyl Disulfide yang dapat membantu melindungi hati dengan melawan stres oksidatif. Hal ini disebabkan oleh Etanol yang ada dalam minuman beralkohol.

Mencegah Kerusakan Tulang

Ketika dikonsumsi secara rutin, ekstrak bawang putih dapat membantu menurunkan defisiensi estrogen yang menyebabkan osteoporosis. Sedikit mengejutkan memang, tapi manfaat yang cukup baik, kan?

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah melindungi penderita diabetes dan kardiomiopati dari resiko lebih berat. Kandungan Diallyl Trisulfide yang ada di bawang putih dapat membantu menyehatkan jantung.

Itu tadi beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Semoga dapat berguna dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat. Selamat beraktivitas!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar