alexametrics

Cemburu pada Pasangan? Ini 5 Cara Mengatasinya Agar Tak Menjadi Racun dalam Hubungan

Vania Rossa
Cemburu pada Pasangan? Ini 5 Cara Mengatasinya Agar Tak Menjadi Racun dalam Hubungan
Ilustrasi cemburu. [Shutterstock]

Cemburu adalah emosi yang manusiawi. Bagaimana cara mengatasinya?

Suara.com - Dalam sebuah hubungan, cemburu adalah sesuatu yang paling umum dirasakan. Biasanya penyebabnya adalah perasaan tidak aman, takut, atau merasa terancam oleh kehilangan.

Cemburu dalam kadar secukupnya, sebenarnya bisa menjadi emosi yang sehat. Namun, ketika cemburu mulai menjadi tidak rasional, itu bisa membahayakan hubungan.

Kecemburuan yang berlebihan bahkan dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki dalam pernikahan.

Nah, jika kamu termasuk orang yang sering merasa cemburu pada pasangan, berikut lima tips mengatasi kecemburuan, sseperti dilansir dari Nwes18.

Baca Juga: 4 Tanda Kamu Tipe yang Mencari Aman dalam Hubungan, Segera Hindari!

1. Mendengarkan pasangan
Seringkali, kecemburuan muncul dari asumsi. Jika perasaan cemburu mulai muncul, coba dengarkan dulu cerita pasangan sebelum kamu mulai berasumsi yang tidak-tidak.

2. Atasi akar masalahnya
Saatnya untuk menyelidiki akar penyebab rasa cemburumu. Apakah ini sebenarnya hanya karena kamu kurang berkomunikasi dengan pasangan? Atau apakah kecemburuan ini muncul dari rasa tidak aman tentang hubungan?

3. Jangan memperburuk situasi
Jika tindakan tertentu menimbulkan kecemburuan, bicarakan dengan pasangan dan cobalah untuk tidak mengulanginya dengan cara yang sama di masa depan. Jangan membela diri atau menyinggung sudut pandang pasanganmu. Dengarkan pendapatnya secara terbuka.

4. Cemburu itu biasa
Penting untuk mendiskusikan perasaanmu dengan pasangan. Perasaan cemburu tidak perlu disembunyikan. Bicarakan hal itu dengan pasangan, karena cemburu adalah emosi manusia yang normal.

5. Lakukan terapi
Ikuti firasatmu dan kenali ketika perasaan cemburu mulai menyerangmu atau pasangan. Jika itu memengaruhi area lain dalam hidup, seorang terapis hubungan dapat membantu mengatasi emosi ini. (Maria Mery Cristin)

Baca Juga: Wajib Paham, 4 Hal Ini Perlu Kamu Pelajari Sebelum Menikah

Komentar