alexametrics

5 Tips Merawat Kolam Ikan di Rumah

Vania Rossa
5 Tips Merawat Kolam Ikan di Rumah
Ilustrasi kolam ikan. (Shutterstock)

Bunyi gemericik air mancur, tanaman air yang menghiasi sekeliling kolam ikan, dan tentunya para ikan hias yang berenang mengitari kolam memang memberikan kesenangan tersendiri

Suara.com - Bagi seseorang yang menyukai atau punya hobi memelihara ikan hias, memiliki kolam ikan sendiri di rumah bisa jadi merupakan salah satu impian terbesar. Meskipun terkesan biasa saja dan lebih ditujukan untuk kesenangan atau kepuasan pribadi, hobi ini ternyata punya manfaat tidak terduga.

Serangkaian penelitian sudah menemukan bahwa memelihara dan merawat ikan hias mampu menurunkan tingkat stres. Lebih menarik lagi, rutin merawat ikan hias juga bisa meningkatkan fokus, konsentrasi, dan kreativitas orang yang melakukannya.

Bahkan, ada riset yang menemukan bahwa suasana tenang dan alami dari kehadiran kolam ikan juga bisa meningkatkan kualitas tidur dari orang yang sebelumnya mengalami susah tidur atau insomnia.

Menarik sekali, bukan? Bunyi gemericik air mancur, tanaman air yang menghiasi sekeliling kolam ikan, dan tentunya para ikan hias yang berenang mengitari kolam memang memberikan kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Begitu juga dengan tampilan dan suasana halaman rumah yang semakin asri dan sejuk.

Baca Juga: Viral! Gegara Banjir, Kamar Perempuan Ini Berubah Jadi Kolam Ikan

Membangun kolam ikan memang membutuhkan lahan yang besar serta proses yang cukup panjang dalam perencanaan dan pembangunan. Namun, bagian yang paling sulit bukan dalam pembangunannya, melainkan perawatannya.

Membutuhkan komitmen dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan dan tampilan kolam ikan. Banyak langkah yang perlu dilakukan dalam menjaga kondisi kolam ikan untuk mempertahankan habitat yang sehat bagi ikan yang dipelihara supaya panjang umur.

Untuk membantu Anda menavigasi metode perawatan kolam ikan yang efektif dan tidak merepotkan, Dekoruma sudah mengumpulkan lima langkah utama dalam merawat kolam ikan. Dengan begitu, merawat kolam dan ikan-ikan di dalamnya akan menjadi aktivitas yang tetap menyenangkan.

1. Rutin Menguras dan Membersihkan Kolam Ikan
Mulai dengan menentukan jadwal rutin dalam menguras dan membersihkan kolam ikan. Bisa dikatakan, langkah ini adalah langkah paling dasar dalam perawatan kolam ikan secara keseluruhan. Menguras kolam ikan adalah kegiatan untuk memastikan lantai, dinding, dan air kolam bebas dari lumut dan kotoran.

Air kolam yang keruh, penuh lumut, dan kotoran akan menghambat sirkulasi udara di dalam kolam dan berpengaruh pada kesehatan ikan dan tanaman hias yang berada di kolam ikan. Bukan tidak mungkin ikan hias akan mati bila dibiarkan begitu saja.

Baca Juga: Pria Bikin Kolam Ikan Melayang, Warganet Salfok Lihat Aksinya Sedot Langsung Pakai Mulut

Idealnya, menguras dan membersihkan kolam ikan secara menyeluruh perlu dilakukan seminggu sekali. Namun, jarak setiap dua minggu atau satu bulan sekali masih masuk akal bila Anda melakukannya sendiri tanpa bantuan.

Komentar