alexametrics

5 Cara Mempercantik Warna Ekor dan Sirip Ikan Cupang dengan Tepat

Arendya Nariswari
5 Cara Mempercantik Warna Ekor dan Sirip Ikan Cupang dengan Tepat
Ikan Cupang (Shutterstock)

Agar ikan cupang Anda sehat dan semakin cantik, yuk simak cara berikut ini.

Suara.com - Ikan cupang dengan sirip serta ekor yang cantik tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias satu ini.

Namun tentu saja untuk mendapatkan warna yang cantik pada tubuhnya, ikan cupang juga memerlukan perwatan khusus. Tapi jangan khawatir, karena kamu dapat melakukannya dengan mudah.

Jika warna ikan cupang tidak bagus atau kurang cerah, cobalah beberapa tips berikut.

5 cara mempercantik warna sirip dan ekor ikan cupang

Baca Juga: Peternak Kediri Bagikan Ikan Cupang ke Pengendara Buat Lawan Nyamuk Demam Berdarah

1. Gunakan ukuran wadah yang sesuai

Cara merawat ikan cupang supaya memiliki warna yang bagus adalah dengan memberinya wadah untuk tempat tinggal yang sesuai.

Setidaknya, gunakan akuarium berukuran 20 cm x 15 cm x 15 cm. Hal ini dikarenakan akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengubah parameter air.

2. Ganti air secara berkala

Salah satu kunci merawat ikan cupang adalah mengganti air pada wadah secara rutin, setidaknya dua hari sekali.

Baca Juga: 3 Jenis Makanan Ikan Louhan agar Sehat dan Berwarna Cerah

Akan lebih bagus jika air yang kamu gunakan adalah air tawar yang langsung dari sumur.

Selain itu, perlu diingat pula bahwa untuk mengganti air ikan cupang perlu dilakukan secara perlahan. Pertama-tama, kamu perlu memcampurnya terlebih dulu dengan air yang lama.

3. Pilih makanan peningkat warna

Untuk mencerahkan warna ikan cupang, kkamu bisa melakukannya dengan memberikan pakan yang memang dikhususkan, seperti salmon, udang, sampai cacing darah.

Salmon merupakan salah satu makanan yang bagus untuk mempercantik warna ikan cupang. Namun, pemberiannya tidak boleh terlalu sering, cukup beberapa kali seminggu. Sebelum itu jangan lupa untuk memotong-motong ikan menjadi kecil.

4. Beri daun ketapang

Sebelum mencampurkan daun ketapang dengan air di dalam wadah cupang tinggal. Pertama, rendam daun ketapang yang sudah kering di dalam air selama 3 hari. Pastikan warna air sudah berubah menyerupai teh.

Setelah itu, masukkan ikan cupang ke dalamnya. Tempatkan ikan cupang di tempat yang minim cahaya dan tetap beri makanan secara rutin.

5. Jemur ikan cupang

Salah satu cara merawat ikan cupang supaya mendapatkan warna yang indah adalah dengan menjemurnya.

Waktu terbaik untuk menjemur cupang adalah pukul 08.00 sampai 10.00 selama 15 menit. Cara ini dilakukan supaya ikan lebih segar dan membunuh bakteri serta jamur yang berada di kulit dan wadah cupang.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar