alexametrics

Bukan Rujak Mangga Muda, Ini Rekomendasi 5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda

Rima Sekarani Imamun Nissa
Bukan Rujak Mangga Muda, Ini Rekomendasi 5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda
Ilustrasi Ibu Hamil. (Pixabay/Cparks)

Berikut beberapa rekomendasi jenis makanan untuk ibu hamil muda. Simak, yuk!

Suara.com - Sebagian ibu hamil muda mungkin cenderung menyukai makanan yang segar dan asam seperti rujak mangga muda. Namun, makanan untuk ibu hamil muda tentu bukan hanya itu saja.

Memiliki pola makan sehat sangat penting selama kehamilan. Nutrisi yang optimal dapat membantu menjaga kesehatan fisik selama masa kehamilan dan membantu perkembangan janin. Lalu, apa saja makanan untuk ibu hamil muda yang perlu diketahui?

Agar kondisi kehamilan sehat, penting untuk menjaga keseimbangan protein, karbohidrat , dan lemak. Wanita yang sedang hamil dilarang mengonsumsi alkohol dan beberapa jenis keju karena memiliki efek merugikan pada kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan pada masa kehamilan, terutama saat hamil muda. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi makanan untuk ibu hamil muda yang perlu diketahui melansit dari situs Medical News Today, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Selain Susu, Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium

Ilustrasi Buah Segar (Pixabay/Silviarita).
Ilustrasi Buah Segar (Pixabay/Silviarita).

Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran merupakan asupan makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Setidaknya, tubuh kita memerlukan sekitar 2,5 cangkir sayuran dan 2 cangkir buah per hari. Jika memungkinkan, pilihlah buah utuh, segar atau beku daripada jus.

Karbohidrat kompleks

Bagi yang sedang hamil muda, dianjurkan juga untuk menjaga asupan karbohidrat kompleks. Adapun makanan yang masuk karbohidrat komplek ubi jalar, labu butternut, biji-bijian, dan kacang-kacangan (buncis atau buncis).

Sebaiknya kurangi mengonsumi karbohidrat olahan seperti roti tawar, pasta, dan nasi bila memungkinkan. Karbohidrat kompleks menyediakan energi dan merupakan sumber serat yang baik sehingga penting selama kehamilan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Bisa Berakibat Buruk Jika Tetap Dikonsumsi

Protein

Selama kehamilan, penting untuk fokus pada berbagai sumber protein sebagai bagian dari diet seimbang dan menjaga kesehatan janin. Adapun sumber protein nabati yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil, yaitu bubuk protein nabati, produk tahu dan kedelai, kacang-kacangan, lentil, polong-polongan, biji-bijian, serta mentega kacang

Protein hewani, dari ayam, ikan, daging sapi, atau telur juga dapat menjadi bagian dari diet kehamilan yang sehat, dan ini mengandung semua asam amino esensial yang baik untuk menjaga kesehatan semasa kehamilan.

Ilustrasi ibu hamil. (shutterstock)

Lemak

Lemak merupakan bagian yang tidak terpisahkan saat menjalani diet sehat dan memiliki peran penting selama kehamilan. Ada lemak yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pada masa kehamilan, yaitu asam lemak tak jenuh ganda omega-3.

Adapun contoh makanan yang kaya akan lemak tak jenuh ganda yaitu salmon, herring, trout, biji rami, biji bunga matahari, dan kenari. Sebaiknya hindari mengonsumsi lemak jenuh karana berpotensi mengalami komplikasi kehamilan.

Serat

Ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk menjaga asupan serat. Adapun asupan serat yang dimaksud yaitu gandum, beras merah, kacang-kacangan, lentil, buah, dan sayuran. Makanan ini berkontribusi pada kesehatan usus secara keseluruhan dan dapat membantu orang merasa kenyang lebih lama.

Memiliki diet tinggi serat juga dapat mengurangi risiko komplikasi yang terkait dengan kehamilan, seperti wasir dan sembelit.

Demikian informasi mengenai rekomendasi makanan untuk ibu hamil muda yang baik untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar