alexametrics

5 Rekomendasi Wisata Pekanbaru Riau yang Menarik DIkunjungi

Arendya Nariswari
5 Rekomendasi Wisata Pekanbaru Riau yang Menarik DIkunjungi
Masjid Agung An Nur di provinsi Riau. (Instagram/@goenanto)

Susun jadwal liburan Anda, ini 5 rekomendasi wisata Pekanbaru wajib kalian sambangi.

Suara.com - Wisata Pekanbaru yang begitu beragam, membuat banyak orang yang banyak berasal dari luar daerah tertarik mengunjunginya. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Pekanbaru, Riau, sempatkan mengunjungi beberapa destinasi wisata Pekanbaru berikut ini.

1. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur di provinsi Riau. (Instagram/@nonidevi)
Masjid Agung An Nur di provinsi Riau. (Instagram/@nonidevi)


Masjid Agung An Nur menjadi salah satu ikon Kota Pekanbaru. Masjid ini memiliki arsitektur ala Taj Mahal India dan menjadi daya tarik tersendiri bagi yang ingin berwisata religi. Letaknya berada di pusat kota di Jalan Hang Tuah. DI depan masjid, ada kolam yang terbentang yang menambah keindahannya. Ada pula taman yang luas, hot spot gratis, dan beberapa spot untuk berfoto. Keindahan masjid Agung An Nur ini terlihat saat senja menjelang magrib.

2. Sungai Gulamo

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Bukittinggi untuk yang Baru Pertama Kali Liburan, Dijamin Seru!

Siapa yang tidak tertarik dengan pesona alam yang terbentang dan menyejukkan jiwa ini? Sungai Gulamo dikenal sebagai green canyon-nya Riau. Berada di deretan kaki Bukit Barisan, SUngai Gulamo memiliki keunikan tersendiri Wisata Pekanbaru yang asri dan alami ini berjarak 80 km dari pusat kota Pekanbaru. Wisatawan dapat menikmati perjalanan seru menyusuri Sungai Gulamo dengan perahu motor. Pemandangan alam yang eksotis, sungai berwarna jernih, pahat dinding batuan cadas, dan kuliner yang luar biasa lezat.

3. Riau Fantasy

Untuk wisata bersama anak dan keluarga, Riau Fantasy bisa menjadi pilihannya. Riau Fantasy menjadi taman rekreasi terbesar di Sumatera dengan luas lahan 6,5 hektar. Hal yang membuat unik wisata Pekanbaru ini adalah terdapat wahana basah dan wahana kering yang terpisah. Anda dan keluarga bebas sepuasnya bermain di berbagai wahana seru dan menyenangkan di sini.

4. Rumah SInggah Tuan Kadi

Rumah Tuan Kadi di tepian Sungai Siak Pekanbaru, sebuah bangunan peninggalan tempo dulu yang mempunyai cerita sejarah tersendiri. [Dok Pekanbaru Heritage Walk]
Rumah Tuan Kadi di tepian Sungai Siak Pekanbaru, sebuah bangunan peninggalan tempo dulu yang mempunyai cerita sejarah tersendiri. [Dok Pekanbaru Heritage Walk]


Salah satu peninggalan sejarah milik Sultan Kerajaan Siak Sri Indrapura, yang dikenal sebagai Rumah SInggah Tuan Kadi cocok untuk mendalami sejarah Pekanbaru. Tempat wisata Pekanbaru ini populer dan selalu ramai karena lokasinya juga berdekatan dengan Sungai SIak.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Manado dengan Panorama Menawan, Salah Satunya Pulau Bunaken

5. Restoran Terapung

Pekanbaru memiliki destinasi wisata baru yakni restoran terapung. Tentu Anda akan merasakan pengalaman berkuliner di atas kapal pertama di Kota Pekanbaru dengan konsep restoran terapung di Sungai Siak. Restoran terapung ini diberi nama Quantung Cruise yang menawarkan berbagai paket lunch dan dinner. Dermaga Tuan Kadi dipilih sebagai terminal untuk naik turun pengunjung restoran terapung ini.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar